Advetorial: Rangkaian Sukses Pelaksanaan Kegiatan Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kabupaten Minahasa

Advetorial: Rangkaian Sukses Pelaksanaan Kegiatan Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kabupaten Minahasa

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, sukses menggelar seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (Kemerdekaan) Repoblik Indonesia (RI) di Kabupaten Minahasa, sejak rangkaian kegiatan di buka Senin 06 Agustus 2018 lalu, hingga berakhir 17 Agustus 2018.

Rangkaian kegiatan dengan Ketua Panitia Pelaksana Harian juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekdakab Minahasa Hetty Rumagit SH ini, diawali dengan Ibadah Syukur bersama seluruh jajaran Pemkab Minahasa di GMIM Sentrum Tondano, Senin 06 Agustus 2018, yang dipumpin Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Pdt Evert Tangel STh MPdk.

Kegiatan selanjutnya yakni Jalan Sehat Bersama jajaran Pemkab Minahasa dan seluruh instansi, pelajar, LSM dan organisasi kemasyarakatan serta masyarakat, yang dilepas Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, Jumat 10 Agustus 2018 pagi mulai pukul 05.30 Wita, yang didalamnya ada juga kegiatan Senam Tobelo dan Zumba bersama, serta olahraga Bola Voli Mix.

Kegiatan lomba Gerak Jalan antar pelajar SMP dan SD yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa, juga menjadi tambahan kemeriahan rangkaian kegiatan HUT Proklamasi RI ke-73 ini.

Rangkaian acara selanjutnya kemudian berlanjut pada 15 Agustus 2018, dimana Pj Bupati Mewoh melakukan pengukuhan terhadap 30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), bertempat diruang sidang Kantor Bupati, pukul 15.00 Wita.

Besoknya, tanggal 16 Agustus 2018, Panitia Pelaksana sukses menggelar tiga acara penting dari pagi hingga malam hari, mulai dari acara Sidang Paripurna Istimewa Pidato Kenegaraan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo, di ruang sidang Kantor DPRD Minahasa, dipimpin Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, yang di mulai pada pukul 10.00 Wita, yakni mendengarkan pidato Presiden Repoblik pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat RI tahun 2018, pidato kenegaraan Presiden dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73, pada sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat RI dan Dewan Perwakilan Daerah RI, pukul 11.40 Wita, dan pidato Presiden dalam rangka penyampaian Pengantar/keterangan Pemerintah atas Rencana Undang-undang, tentang Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) Tahun Anggaran 2019, beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya pada Rapat Paripurna pembukaan masa persidangan pertama DPR RI tahun sidang 2018-2019, yang dimulai pukul 15.00 Wita.

Kemudian, pada sore hari pukul 18.00 Wita, bertempat di Rumah Dinas Bupati, dilakukan Upacara Taptu dan Pawai Obor, dimana Kepala Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit SH MH sebagai Inspektur Upacara (Irup), sekaligus melepas Pawai Obor yang diikuti perwakilan sekolah SMA/ SMK, SMP dan SD yang ada di Kota Tondano.

Malam harinya, pukul 23.00 Wita, bertempat di Taman Makam Pahlawan Tondano, dilakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci, dengan bertindak sebagai Irup, Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH.

Pada acara puncak, Jumat 17 Agustus 2018, diawali dengan Upacara Pemberian Remisi kepada 173 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tondano, pukul 07.00 Wita, dengan Irup Pj Bupati Mewoh. Usai itu, Upacara Puncak Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, bertempat di Lapangan Manguni Sasaran Tondano, pukul 10.00 Wita, dimana Pj Bupati Mewoh juga bertindak sebagai Irup.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Dr Sam Ratulangi Tondano, dengan Irup Kapolres Minahasa AKBP Christ R Pusung SIK. Usai itu, dilanjutkan makan siang bersama dengan para Veteran, di Rumah Dinas Bupati Minahasa, Kelurahan Sasaran Tondano.

Sore hari, pukul 17.00 Wita, dilakukan Upacara Penurunan Bendera, di Lapangan Manguni Tondano, dengan Irup Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama STh.

Malam harinya, pukul 19.00 Wita, Resepsi dan Toast Kenegaraan yang digelar di Gedung Wale Ne Tou Tondano, menjadi agenda akhir menutup seluruh rangkaian sukses kegiatan memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 di Kabupaten Minahasa.

Di acara ini, juga dilakukan penyerahan penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi dan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Dr Wilford Siagian serta sejumlah Pejabat Eselon II lainnya dalam masa pengabdian mereka.

Pj Bupati Mewoh pun, menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sudah terlibat dalam mensykseskan dan memeriahkan seluruh rangkaian kegiatan memepringati HUT Proklamasi RI di Minahasa. “Selamat HUT Proklamasi Kemerdekaan RI kepada seluruh masyarakat Minahasa. Terima kasih kepada semua yang telah turut memeriahkan dan mensukseskan seluruh kegiatan ini di Minahasa,” kata Mewoh saat sambutan di Toast Kenegaraan.

Sementara, segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Minahasa, Anggota DPRD Minahasa dan jajaran Pejabat serta seluruh Aparatur Sipil Negara di Pemkab Minahasa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, selalu turut hadir dalam setiap kegiatan tang dulakukan ini.(Sandy)