2,7 triliun bakal disiapkan Pemkab Minahasa guna merevitalisasi danau Tondano agar menjadi destinasi pariwisata andalan

Minahasa96 Dilihat

TS, Tondano – Bupati Kabupaten Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR), memimpin rapat untuk penyelesaian pengelolaan Danau Tondano dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano serta percepatan pembangunan infrastruktur di Minahasa di ruang sidang kantor bupati, Kamis (18/07).

Bupati ROR mengatakan rapat ini merupakan tindaklanjut pertemuannya dengan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dan beberapa menteri saat berkunjung ke Sulut baru-baru ini.

Dimana dari pertemuan itu terungkap bahwa, saat ini ada ribuan turis luar negeri yang tengah antri mengunjungi Sulawesi Utara, termasuk didalamnya Kahupaten Minahasa.

” Jadi, guna mengantisopasi kedatangan turis yang kini antri mengunjungi Sulawesi Utara khususnya Kabupaten Minahasa, yang kita segera siapkan adalah membangun ifrastruktur dari destinasi pariwisata, salah satunya Danau Tondano,” kata ROR kepada wartawan.

Baca juga:  Unima Wisuda 764 Magister, Sarjaja Dan Diploma

Imbuhnya, guna merevitalisasi danau Tondano, dibawah payung pariwisata, semua harus segera dipersiapkan dengan melibatkan lintas sektor terkait yakni dari PU, Pengairan, Bina Marga, Cipta Karya, Lingkungan hidup, Kehutanan termasuk pelibatan masyarakat

” Untuk biaya, kita akan siapkan sebanyak 2,7 Triliun, dan tahun depan sudah ada actionnya, termasuk penanganan secepatnya untuk pemberantasan eceng gondok, ada 3 miliard yang disiapkan per tahun,” ketusnya.

Bupati ROR juga berharap, langkah pemkab ini akan mendapat dukungan masyarakat salah satunya dengan merubah perilaku dengan tidak membuang sampah dan sedimentasi lainnya di danau Tondano.

Hadir pada pertemuan ini Kepala Balai BPJN wilayah XV Sulut Triono Jundasmono, Kepala Balai Wilayah Sungai Moch Silachoeddin, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulut Rusian M Nur Taib, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel, Ketua ASITA Sulut Merry Karauwan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Sihar Wilford Siagian, para kepala SKPD terkait dan camat di seputaran Danau Tondano