2 Hari Diverlap Tim Dari Pusat, Bitung Peluang Pertahankan Wistara Kota Sehat

Berita Utama, Bitung168 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Kota Bitung berpeluang mempertahankan penghargaan kota sehat kategori Wistara atau yang paling tinggi dengan 8 tatanan, setelah 2 hari dilakukan verifikasi lapangan (Verlap) oleh tim dari Kementrian Kesehatan, Jakarta pada Senin dan Selasa (16-17/9/19).

Pada hari pertama Senin (16/9), tim yang beranggotakan 2 orang, diterima Walikota Max J Lomban sekaligus mempresentasikan kesiapan kota Bitung untuk mengikuti verifikasi lapangan Kota Sehat 2019 di BPU kantor walikota.

Menurut Lomban, keikut sertaan kota Bitung dalam Kota Sehat penting untuk memotivasi masyarakat agar bersama-sama dengan pemerintah membangun tatanan kehidupan bermasyarakat yang membangun, sebagai prakondisi untuk mencapai masyarakat madani dan sehat.

“Semakin tinggi tentu semakin banyak dokumen yang diverifikasi oleh tim, apalagi kota Bitung dari 6 penghargaan kota sehat 4 kali berada pada strata yang paling tinggi yakni Wistara, sehingga tidak boleh ada kegiatan atau tempat tatanan yang dinilai yang sudah pernah dinilai atau diverifikasi laporan sebelumnya,” ujar Lomban.

Baca juga:  Terhitung 1 Mei 2018, BPJS Kesehatan Terapkan Implementasi Vedika Bagi FKRTL

Sementara itu ketua Tim Verlap Kemenkes RI, Lucky Haris mengapresiasi upaya dan keseriusan pemerintah kota Bitung dalam menghadapi verifikasi kota sehat kali ini, mengingat di tahun 2017 Bitung termasuk di Tiga Besar Nasional dan nyaris meraih hasil yamg sempurna.

“Kedepan pola penilaian akan lebih rumit lagi, karena akan lebih banyak tim penilai dengan berbagai macam bentuk pola penilaian termasuk tatanan dan indikator-indikator yang sudah di tetapkan sudah sejauh mana diterapkan kota Bitung dalam layanan kesehatan masyarakat” ujar Haris.

Selama 2 hari tim penilai pusat didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Dr Frangky Soriton dan jajaran bersama para kepala Puskesmas dan pengurus Forum Kota Sehat Bitung dibawah pimpinan Wilson Wonte, mengunjungi sejumalah tempat diantaranya kantor Kelurahan Danowudu, kecamatan Ranowulu, taman lalu lintas Polres dan Dishub Bitung, kelurahan Tanjung Merah, Kantor Camat Matuari, kantor Camat Madidir, PT Indofood, TPA Aertembaga, SD GMIM 2 Madidir, SMA dan SMP Negeri 2 serta sungai Manembo-nembo atau kuala tulap dan lainnya.

Baca juga:  Jamu Baleg DPR RI, Wagub Apresiasi Sosialisasi UU Kekarantinaan Kesehatan

“Setelah kami melihat dilapangan, semua sudah bagus dan mudah-mudahan Bitung sukses mempertahankan wistara,” ujar Lucky Haris di sekretriat Forum Kota Sehat di kantor Bappeda.(hzq)