Rita Tangkudung Paparkan Batik Khas Bitung di Dekrasnasda Provinsi

Uncategorized82 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Ketua Dewan Kerajinan Nasioanal Daerah (Dekranasda) kota blbitung nlNy. Rita. A. L. Mantiri – Tangkudung, ST bersama jajaran, Rabu, (14/9/2022) mengikuti rapat kerja daerah (rakerda) DekranasdaProvinsi Sulawesi Utara yang di laksanakan di Luwansa hotel Manado. Kegiatan ini di buka oleh wakil gubernur Sulawesi Utara drs.Steven Kandouw.

Pada kesempatan itu ketua Dekranasda kota Bitung dan seluruh ketua Dekranasda kabupaten dan kota di daulat untuk memberikan laporan dan presentasi terkait kegiatan Dekranasda yang sudah, sementara dan akan di kerjakan di masing-masing daerah. Dalam laporannya, Ny Rita Mantiri Tangkudung menjelaskan bahwa, di kota Bitung saat ini sementara dikembangkan batik khas Bitung dan sudah melakukan MoU atau kerja sama dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta tentang kerja sama pengembangan industri kecil menengah kerajinan dan batik di kota Bitung, serta surat perjanjian kerja sama tentang optimalisasi teknologi proses pengembangan desain batik, canting cap dan contoh produk batik khas kota Bitung.

Dalam laporan tersebut juga, Rita melaporkan tentang promosi produk kerajinan, yang sudah d lakukan serta menerima kunjungan kerja ketua PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian pada 31 Juli sampai 2 Austus 2022 lalu.

“Adapun rencana kegiatan yang akan di laksanakan pada tahun ini yaitu, lomba kriya Bitung 2022, pelatihan lanjutan kulit jagung, pameran kriya Nusantara pada bulan September ini, pelatihan membatik pasda Oktober mendatang, sosialisasi kain batik khas Bitung dan fashion show Kepala Perangkat Daerah, TP.PKK, Dharma Wanita Persatuan, DEKRANASDA, lomba kebaya dan batik khas Bitung, pelatihan pemanfaatan bahan limbah oleh rumah pasir dan pelatihan pemanfaatan akar kayu mina pada November mendatang,” jelas Rita.

Dalam pertemuan tersebut, Hadi Ketua Dekranasda Provinsi sulut, Ny Ir. Rita Dondokambey Tamuntuan, Kadis Perdagangan Sulut selaku Ketua Harian Dekranasda prov sulut, para ketua Dekranasda kab/kota se prov sulut bersama pengurus, para KPD provinsi Sulut. (hzq)