11 X Beruntun WTP, Menkeu Ganjar Penghargaan Untuk Bitung

TopikSulut,Bitung- Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada Pemkot Bitung karena berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pemeriksaan pengelolaan keuangan.

Pemberian penghargaan tersebut berlangsung Kamis (22/9/2022) di Jakarta, tepatnya di ballroom fedung Dhanapala Kementerian Keuangan Republik Indonesia, bersamaan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2022, dan diserahkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani kepada Walikota Bitung, Maurits Mantiri.

“Penghargaan ini diterima atas hasil kerja kolaborasi antara BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) dan seluruh perangkat daerah. Ini membuktikan jika kita bekerja dengan kolaborasi dan didasari cinta, maka kita akan mampu memberikan yang terbaik untuk Kota Bitung,” ujar Maurits usai menerima penghargaan didampingi kepala BPKAD Pemkot Bitung, Frangky Sondakh,SE Ak, MSi.

Mantiri pun berharap penghargaan yang diterima tidak membuat seluruh jajaran berpuas diri. Sebaliknya, ia meminta kepatuhan terhadap ketentuan pengelolaan keuangan harus terus ditingkatkan.

“Penghargaan ini harus jadi motivasi bagi kita agar terus bekerja dengan profesional dan akuntabel,” pintanya.

Maurits pun tak lupa menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak. Selain Kementerian Keuangan, hal itu juga ia tujukan kepada BPK Perwakilan Sulawesi Utara. Menurutnya, keberhasilan Pemkot Bitung meraih opini WTP tak lepas dari koordinasi yang baik dengan kedua lembaga itu.

“11 kali memperoleh opini WTP jadi bukti nyata. Itu menunjukan bahwa kita patuh terhadap aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan, dan juga rekomendasi dari BPK. Artinya kita punya sinergitas yang baik,” katanya.

Selain Pemkot Bitung, sejumlah pemerintah daerah, kementerian, dan lembaga lainnya juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan. Penghargaan itu diberikan untuk raihan opini WTP atas laporan keuangan tahun 2021.

Penghargaan WTP, minimal 5x, 10x dan 15x WTP berturut turut, diberikan 584 intentitas pelaporan meliputi 36 kementrian lembaga negara, peraih WTP 5x berturut-turut dari tahun 2017 – 2021.
Di Provinsi Sulawesi Utara ada 13 daerah yaitu Kota Bitung, Bolsel, Boltim, Bolmut, Sangihe, Sitaro, Talaud, Minahasa, Minsel, Mitra, Kotamobagu, Tomohon dan Manado. (hzq)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.