Wagub Kandouw Saksikan Pengukuhan Pengurus YJI Sulut dan Manado

Berita Utama, Sulut107 Dilihat

Topiksulut.com,Manado-Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven OE Kandouw menyaksikan pengukuhan Pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Provinsi Sulawesi (Sulut) masa bakti 2021-2026 dan Kota Manado masa bakti 2022-2027 di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut oleh Ketua Umum YJI Esti Nurjadin pada Kamis 22 September 2022.

Wagub Kandouw memberikan apresiasi pada YJI dengan tujuan luhurnya yaitu untuk membantu Pemerintah, membantu masyarakat untuk selalu mengingatkan agar melakukan pola dan gaya hidup yang sehat agar terhindar dari adanya penyakit jantung. 

“Dari 2,6 juta penduduk di Sulawesi Utara, masalah penyakit diabetes melitus nomor satu, hipertensi masuk 3 besar dan penyakit jantung juga masuk 3 besar. Dengan kata lain seperti target bapak Presiden tahun 2025 Indonesia sehat, kita disini harus kerja keras, karena untuk beban satu Indonesia oleh BPJS dalam masalah sakit jantung itu Rp9 miliar,” ujar Wagub.

Karena itu, menurut Wagub Kandouw, seluruh komponen masyarakat, seluruh stekholder kesehatan harus bersama-sama terlibat dalam menyampaikan bahwa perlunya kita dalam beraktivitas menerapkan pola hidup yang sehat.

Ketua YJI Cabang Sulut, dr Kartika Devi Tanos MARS yang baru dilantik menuturkan bahwa akan siap mengkampanyekan program kesehatan jantung dan pembuluh darah kepada masyarakat melalui panca usaha jantung.

Baca juga:  Kasus Kumtua Pinenek, Pengacara PHRI Sulut Kantongi SK PTUN Untuk Penentuan Upaya Hukum

“Kami akan mengkampayekan program kesehatan jantung dan pembulu darah untuk menekan angka kasus penyakit jantung, di daerah ini,” ucapnya.

Ia percaya dengan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak, maka dapat menggerakan peningkatan kinerja kesehatan untuk menekan angka penyakit jantung di Sulut sesuai dengan visi dan misi YJI pusat.

“Sinergitas dengan pemerintah akan selalu berjalan. Yayasan jantung indonesia adalah mitra pemerintah dalam mengembangkan program pembangunan dan kesejahteraan kesehatan,” tutur dr Kartika Devi Tanos, MARS, yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (DP3AD) Provinsi Sulut ini.

Ketua Umum YJI, Esti Nurjadin dalam sambutannya menceritakan awal mula berdirinya YJI dimana ada seorang anak bernama Dewi Sartika yang memerlukan alat pacu jantung dengan keterbatasan dana yang ada terpaksa para dokter bersepakat mengumpulkan dana yang dibantu oleh segenap donatur.

“Sejak itulah mereka memikirkan bagaimana anak-anak lain jika memiki penyakit seperti Dewi Sartika, kekurangan dana dari situlah mereka memutuskan untuk membentuk Yayasan Jantung Indonesia,” ungkap Esti Nurjadin.

Baca juga:  Jamu Baleg DPR RI, Wagub Apresiasi Sosialisasi UU Kekarantinaan Kesehatan

“Seiring dengan perkembangan zaman kita sudah memiliki BPJS kita tidak hanya mengurusi bantuan kuratif saja, sebaliknya di situ kita hadir bersama masyarakat untuk menurunkan angka penyakit jantung. Karena sudah diketahui mayoritas penyakit jantung koroner lebih dari 80% bisa dihindari karena itu merupakan penyakit lifestyle,” terang Esti Nurjadin. 

Pada kesempatan juga turut dilakukan pelantikan Ketua YJI Cabang Manado dr dr Merry Sualang-Mawardy menyampaikan terima kasih pada Ketua Ketua Umum YJI, Esti Nurjadin dan Ketua YJI Cabang Sulut, dr Kartika Devi Tanos, MARS atas kepercayaan yang diberikan.

“Seperti yang dikatakan tadi memang pencegahan lebih baik daripada mengobati. Semoga ke depan YJI cabang Manado dapat bersinergitas dengan pemerintah kota Manado dan untuk pengurus yang baru dilantik mari bersama-sama kita bergandengan tangan untuk mencapai apa yang menjadi apa yang kita cita-citakan, karena itu kita harus ingat lebih baik mencegah daripada mengobati,” tutur Merry Mawardi.(glen/*)