DLH Sulut Periksa Kualitas Mutu Air di Perairan Wori dan Bitung

Berita Utama, Sulut106 Dilihat

Topiksulut.com,Manado-Pengawasan mutu air laut terus menjadi perhatian seriua dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulut. Hal ini dibuktikan dengan telah diturunkan tim dari DLH untuk memeriksa kualitas 2 perairan yang ada di Sulut.

Kepala Bidang Pengendalian Kerusakan Pencemaran DLH Sulut, Danso Ayuha mengatakan, jika kedua lokasi yang dilakukan pemeriksaan yakni di wilayah perairan Wori dan Kota Bitung.

“Kegiatan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) kami lakukan setiap tahun atau secara reguler sejak tahun 2021 lalu. Adapun 2 lokasi yakni Wori dan Bitung. Untuk Wori ada 3 lokasi yakni Dermaga Desa Wori, perairan Kima Bajo dan Perairan Desa Talawaan Bajo. Sementara di Kota Bitung di perairan Pelabuhan Perikanan dan perairan Wangurer Timur,” jelas Danso kepada wartawan, Senin 10 April 2023.

Untuk wilayah perairan lain di Sulut, tambah Danso, akan dilakukan pemeriksaan mutu kualitas air laut.

“Jika semuanya dapat diperiksa mutu airnya, maka bisa tergambarkan semua kondisi kualitas air di Sulut,” ungkapnya seraya menambahkan jika dipilihnya kedua lokasi ini karena aktivitas jalur kapal dan juga kawasan pabrik.

Sementara itu, Kasie Pemantauan DLH Sulut Vera Rambe menambahkan, pemeriksaan mutu kualitas air juga tidak hanya terfokus di perairan laut, namun juga di sungai. Ini dibuktikan juga telah diperiksa kualitas air di 3 sungai di Sulut yakni sungai Ranowangko, sungai Tondano dan sungai Marwasei.

“Tiap sungai kami periksa sampel airnya dari hulu hingga hilir,” tambahnya.(glen)