Sat Intelkam Polres Sangihe Terapkan Upaya “Jemput Bola” Bagi Pemohon SKCK

Nusa Utara139 Dilihat

Peliput: Fitri Lumiu

TAHUNA
Pihak Polres Sangihe memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak melakukan kepengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dengan upaya menjemput bola atau menjemput langsung berkas bagi warga masyarakat pemohon SKCK.

Hal ini dilakukan sehubungan dengan terjadinya peningkatan aktifitas warga masyarakat yang membutuhkan SKCK sehubungan dengan dimulainya tahapan pendaftaran bakal calon anggota legislatif pada Pemilu 2024.

Kepada sejumlah wartawan Kapolres Sangihe AKBP Dana Ananda Syahputra SH.SIK melalui Kasat Intel Polres Sangihe Iptu Tezza Arbie mengatakan bahwa upaya jemput bola ini untuk memberikan kemudahan bagi warga masyarakat yang membutuhkan SKCK.

“Tapi tetap memperhatikan dari persyaratan-persyaratan yang diminta. Kalau sudah lengkap kami tindak lanjut kalau belum lengkap tentunya harus dilengkapi terlebih dahulu,”ungkap Arbie.

Lanjut dikatakan upaya ini tidak hanya berlaku bagi warga masyarakat yang hendak menjadi Caleg pada Pemilu nanti, tapi juga berlaku kepada masyarakat umum yang membutuhkan SKCK.

“Kami berharap masyarakat dapat terbantukan dengan upaya ini sehingga tidak perlu lagi susah-susah mengantri datang ke Polres Sangihe terlebih mayarakat dari perkampungan dan pedesaan,”jelasnya lagi.

Lebih lanjut dijelaskan Kasat Intel khusus untuk Bacaleg disertakan surat peryataan yang ditandatangani diatas materai. Disitu memuat bahwa yang bersangkutan tidak pernah terlibat masalah hukum atau pidana dan tidak dalam atau sementara menjalani masalah hukum. Hal ini untuk menjaga jika dikemudian hari yang bersangkutan terpilih maka tidak ada lagi komplain dan keberatan dari masyarakar yang nantinya merusak citra dari Kepolisian yang mengeluarkan SKCK itu sendiri.

“Dan khusus untuk mereka yang pernah telibat masalah pidana, mereka melampirkan surat keputusan dari insantsi yang berwenang bahwa mereka telah menjalani hukuman,”punkasnya.(*).