Sejumlah Kalangan Inginkan Abid Takalamingan Maju di Pilkada Sangihe

Nusa Utara1410 Dilihat

TAHUNA

Perhelatan Pemilihan Umum Kepala daerah (Pilkada), Kabupaten Kepulauan Sangihe, tinggal menghitung bulan, dimana KPU telah memutuskan untuk waktu pemungutan suara tanggal 27 November 2024, sejumlah nama besar dan tokoh Nusa Utara mulai hangat diperbincangkan masyarakat Tanah Tampungan Lawo.

Sebut saja nama Abid Takalamingan tokoh Nusa Utara yang sudah banyak makan garam di dunia Politik dengan sederet pengalaman kerja serta pengalaman organisasi dikabarkan akan turun gunung meramaikan kontestasi akbar lima tahunan untuk mencari orang nomor satu di Sangihe itu. Bahkan nama Abid Takalamingan yang sudah tidak asing di telinga warga Perbatasan ini santer dikabarkan akan maju sebagai calon bupati Sangihe pada Pilkada 2024 ini.

Abid Takalamingan sendiri merupakan tokoh Nusa Utara yang sampai saat ini aktif menempati beberapa jabatan penting di Sulut, diantaranya Komisaris Independen PT Bank Prisma Dana dari 2021 hingga sekarang, Ketua Lembaga Wakaf Sarikat Islam (LW SI) dari 2017 sampai saat ini, Ketua Askot PSSI Kota Manado 2022 sampai saat ini.

Diketahui Abid juga pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Sulut periode 2004-2009, juga pernah menampati jabatan Ketua Baznas Provinsi Sulut 2016-2023, pernah juga menjadi komete audit PT Bank SulutGo 2016-2021, dan pemantau resiko Bank SuutGo 2021-2022, serta masih banyak lagi pengalaman dibidang organisasi yang pernah di tekuni Takalamingan.

Baca juga:  Selain Bawa Bantuan, Gubernur Minta ASN dan THL di Sitaro Jaga Kerukunan

Berbagai tanggapan dilontarkan sejumlah kalangan di Sangihe tentang sosok Abid Takalamingan. Rajeskan Salilo, pemuda kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur mengatakan bahwa sosok Abid merupakan sosok yang paripurna dimana memiliki jiwa kepemimpinan dan karakter yang kuat. Serta sudah menempuh proses panjang yang membentuk seorang pemimpin dengan karakter dan pengetahuan dan segudang pengalaman yang dimilikinya.

“Saya rasa sangat pantas jika masyarakar Sangihe mempercayakan Abid untuk menahkodai Daerah ini,” Ungkapnya.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Tokoh adat Sangihe asal Kampung Bebalang Kecamatan Manganitu Selatan (Mangsel), Ismail Manis dimana dirinya menilai, Sangihe sangat membutuhkan sosok seperti Abid Takalamingan selain banyak pengalaman dan dinilai mampu membawa Sangihe kearah yang lebih baik.

Sementara itu Tokoh agama dari Kecamatan Tabukan selatan Gembala Lombong Pato ketika dimintai tanggapanya, mengatakan sosok Abid Takalamingan adalah sosok yang mampu menembus perbedaan Ras dan golongan, keyakinan dan bisa diterima semua kalangan.

Baca juga:  Andika Lalenoh, A.Md.Kep : Perawat merupakan profesi yang Mulia

“Jadi saya rasa sangatlah pantas jika seorang Abid Takalamingan didorong untuk maju ke Pilkada Sangihe, beliau adalah sosok yang mampu melebur dan menembus perbedaan dan diterima disemua kalangan, golongan,” Ucapnya.

Sementara itu Abid Takalamingan sendiri ketika dikonfermasi terkait wacana dirinya akan maju di Pilkada Sangihe, mengatakan biar bergulir dulu, namanya juga kalau keterpanggilan untuk daerah tercinta pasti akan memberi diri.

“Sah-sah saja orang berpendapat diera saat ini, tapi saya menyambut baik dan berterimakasih atas perhatian dan kerinduan dari masyarakat,” Ujar Takalamingan

“Intinya torang pe kahidran untuk berbuat banyak bagi banyak orang. Jika diperlukan saya siap memberi diri untuk Sangihe yang sama-sama kita cintai. Pada prinsipnya jangan tua tanpa arti, apalagi untuk Sangihe,”Ucap Takalamingan.

Ditanya apakah sudah ada Partai Politik yang membangun komukasi dengan dirinya Takalamingan mengatakan, sejauh ini komukasi dengan Parpol masih tentang tahapan rekapitulasi perhitungan suara Pileg dan DPD.

“Sejauh ini komunikasi dengan Parpol hanya sebatas hasil rekapitulasi perhitungan suara karena masi terkosentrasi untuk mengawal hasil perolehan suara,”pungkas Takalamingan.(*).