Mendagri Tito Karnavian Apresiasi Dedikasi Petugas Damkar di HUT ke-105

Berita, Minahasa, Nasional240 Dilihat

 

TopikSulut.com

Lapangan Kodam V/Brawijaya menjadi saksi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105, dengan tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tito Karnavian, hadir sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam acara tersebut. Jumat (01/03/2024).

Dalam sambutannya, Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi dedikasi dan pengabdian petugas dan relawan Damkar yang telah menjalankan tugas dengan baik, menjadikan institusi pemadam kebakaran terus eksis selama 105 tahun.

“Kerja keras memberi kepercayaan kepada rakyat di negara demokrasi. Semangat terus berkarya harus terus berlangsung,” ungkap Mendagri.

Selain itu, Mendagri juga mengajak para kepala daerah untuk menghitung kebutuhan rekrutmen petugas Damkar sebagai PNS maupun P3K, dengan memenuhi persyaratan kualifikasi yang ditetapkan.

Baca juga:  Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka HUT Minahasa Ke-595

Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, juga menyampaikan kesiapannya untuk merespons dan menindaklanjuti permintaan Mendagri.

“Imbauan Mendagri ini telah ditindaklanjuti. Saat ini para petugas Damkar di Minahasa telah didata dan diusulkan dalam satu-satunya tenaga teknis untuk P3K,” ujarnya.

Bupati Kumendong juga menyoroti kebutuhan akan peningkatan fasilitas operasional Damkar di Minahasa, termasuk pengadaan tambahan kendaraan operasional.

“Salah satu kehadiran kami disini untuk terus memperjuangkan fasilitas operasional Damkar bagi masyarakat Minahasa,” tambahnya.

Pemda Minahasa berupaya melakukan lobi ke pusat dengan mengajukan proposal penambahan unit damkar untuk wilayah mereka, sebagai bagian dari upaya untuk terus memperjuangkan fasilitas operasional Damkar bagi masyarakat Minahasa.

Baca juga:  Kunker Tim Balai Monitor Sulut Sambangi Diskominfo Minahasa

Dalam kesempatan ini, interaksi langsung antara Mendagri Tito Karnavian dan para pemangku kepentingan dari seluruh Bupati/Walikota se-Indonesia juga terlihat, menunjukkan komitmen bersama dalam penguatan institusi pemadam kebakaran dan penyelamatan.

#Jr