Mgr.Benedictus Estephanus Rolly Untu,MSC Resmi Pimpin Keuskupan Manado

TopikSulut.com – Keuskupan Manado secara resmi memiliki Uskup baru bernama Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu,MSC menggantikan Mgr. Joseph Theodorus Suwatan, MSC yang memasuki masa emeritus. Prosesi tahbisan berlangsung kemarin Sabtu (8/7/2017) di Stadion Maesa Tondado, Minahasa, Sulawesi Utara yang dipimpin langsung oleh Duta Besar Vatikan Mgr. Antonio Guido Filipazzi.

“Saudara-saudari terkasih, Keuskupan Manado kini mempunyai seorang Uskup Baru yang akan memimpin serta mempersatukan umat pada Kristus, memperhatikan keselamatan, serta hidup bersatu sehati sejiwa dalam suka dan duka dengan umat. Sebagai tanda syukur kepada Tuhan, kita semua dengan gembira menyambut Uskup BENEDICTUS ESTEPHANUS ROLLY UNTU MSC sebagai pemimpin Keuskupan Manado” ujar Dubes Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Antoino Guido Filipazzi disambut tepuk tangan ribuan umat yang memadati Stadion Maesa.

Baca juga:  Debby Summa Terpilih Ketua DPD GAMKI Sulut

usai ditahbiskan sebagai uskup Keuskupan Manado, Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu,MSC didampingi uskup emeritus Mgr. Joseph Suwatan, MSC dan Uskup Keuskupan Agung Makasar Mgr. John Liku Ada menaiki Jeep terbuka mengelilingi lapangan Stadion Maesa Tondado, Minahasa, Sulawesi Utara, Sabtu (8/7/2017) untuk menyapa dan memberikan berkat kepada 35 ribu umat katolik yang hadir memadati stadion.

Antusias umat terlihat manakala iringan uskup Rolly Untu mendekat. Lambaian tangan dan teriakan umat menggema menyambut sang gembala baru. Banyak umat mengabadikan moment penting ini melalui kamera ponsel.

Sehari sebelumnya, ibadat agung tahbisan uskup Rolly Untu juga digelar di Gereja Katedral Hati Tersuci Maria, Keuskupan Manado, Jumat (7/7/2017) dipimpin oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo.

Baca juga:  Tingkatkan Nilai Kekeluargaan, Pemuda GMIM Dan BKPRMI Bitung Gelar Buka Puasa Bersama

Tahta suci Vantikan, melalui Paus Fransiskus pada tanggal 12 April 2017 lalu secara resmi mengumumkan penunjukan Pastor Rolly Untu sebagai uskup baru Keuskupan Manado menggantikan Mgr. Joseph Theodorus Suwatan MSC yang telah memimpin Keuskupan Manado selama lebih kurang 27 tahun sejak 29 Juni 1990.

Acara pentahbisan ini dihadiri lebih dari 35 ribu umat katolik yang datang dari seluruh wilayah keuskupan Manado, yakni dari Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo. Selain umat, misa tahbisan, juga dihadiri oleh puluhan uskup dari seluruh keuskupan di Indonesia, dan ratusan imam, biarawan dan biarawati serta hadir pula Kardinal Port Moresby Papua Nugini John Kardinal Ribat. (TS)