Mantan Polisi Disebut Bakal Jabat Karo Hukum Setdaprov Sulut, Glady Kawatu Digeser ke Biro Protokol KKP?

Topiksulut.com, POLITIK/PEMERINTAHAN – Sebagai salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah organisasi baik swasta maupun pemerintahan, Pemerintah Provinsi Sulawesi melalui Biro Hukum terus berbenah guna memperkuat garis pertahanan hukum Pemprov Sulut.

Hal ini dibuktikan dengan dilantiknya sosok Grubert Ughude sebagai Kepala Bagian Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum yang baru di biro tersebut (Rabu 06/09/2017) oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw di ruang C.J Rantung Kantor Gubernur Sulut.

Wajah baru Grubert di kalangan birokrat pemprov sulut tentu mengundang beberapa tanda tanya dikalangan ASN Pemprov Sulut. Hal ini disebabkan mantan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tersebut baru saja melepas segaram kepolisiannya dan berganti seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Belakangan diketahui Grubret yang telah mendapat mandat sebagai Kepala Bagian di Biro Hukum Setdaprov Sulut tersebut terakhir memiliki pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), dan ditugaskan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Karombasan kota Manado.

Menariknya, kehadiran Grubert di Biro Hukum Setdaprov Sulut disebut-sebut oleh beberapa orang termasuk salah satu pejabat eselon II Pemprov Sulut sebagai kandidat kuat calon Kepala Biro Hukum Setdaprov Sulut dalam waktu dekat.

Baca juga:  Maknai Idul Adha 1439H, Sumarsono Gelar Open House Bersama Tukang Becak di Sulsel

“Saya kenal pak Grubret, memang beliau telah disiapkan menjadi Kepala Biro Hukum waktu dekat ini”, ujar salah satu pejabat eselon II yang mengaku mengenal baik sosok Grubert yang belakangan diketahui merupakan salah satu pelayan khusus (Pelsus) Gereja tersebut.

Hal ini tentu mengundang tanda tanya baru dikalangan penghuni kntor Gubernur, jika Grubert memang disiapkan sebagai Kepala Biro Hukum, lantas kemana nantinya sosok Glady Kawatu yang saat ini menjabat Karo Hukum Setdaprov Sulut.

Pertannyan tersebut kembali melahirkan sedikit jawaban dari beberapa sumber dikalangan pejabat dan awak media Pemprov Sulut yang mendapat kabar bahwa Kawatu juga sudah disiapkan memimpin Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik (Biro Protokol KKP) yang saat ini dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Clay Dondokambey S.STP.

Kabar ‘didepaknya’ Kawatu ke Biro Protokol KKP tersebut semakin kuat berhembus, mengingat sosok birokrat cantik itu pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Minahasa beberapa tahun silam, apalagi saat ini Biro Protokol KKP masih diisi oleh Pelaksana Tugas.

Baca juga:  Naik Hingga 321%, Ditangan OD-SK Pariwisata Sulut Jadi Incaran Wisman

Diketahui Biro Protokol KKP Setdaprov Sulut merupakan salah satu Biro yang memiliki tugas sangat besar dalam menunjang setiap aktifitas pimpinan yang dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

“Setahu saya Biro Protokol KKP itu tupoksinya cukup besar, karena harus menunjang setiap aktifitas pimpinan”, ujar salah satu pemerhati Politik dan Pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka.

“Kan disitu ada Protokol, itu tugasnya mengatur dan mendampingi setiap kegiatan pimpinan, juga ada bagian Humas yang notabenenya bersiri sebagai juru bicara pemprov sulut, apalagi harus bersinergi dengan rekan-rekan media, jadi tidak boleh sembarang orang yang bisa memegang jabatan tersebut, minimal fasih dalam berbahasa inggris, mampu bekerjasama dengan media, mampu menyerap aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada pimpinan dan bahkan harus memiliki mental dan fisik yang kuat, karena kegiatan pimpinan bukan cuma satu atau dua, pokoknya minimal pejabat tersebut harus siap menghadapi berbagai keadaan”, sambung Tumbelaka yang dikenal cukup teliti dalam melihat setiap arus politik pemerintahan di sulut. (Chris)