Didampingi Kadispora Sulut, Menpora Lepas Kirab Pemuda Dari Miangas

Topiksulut.com, POLITIK/PEMERINTAHAN – Wilayah kepulauan di Sulawesi Utara menjadi lokasi strategis dimulainya kirab pemuda nasional dalam rangka menguatkan kebhinekaan tunggal ika dalam naungan merah putih dan pancasila, sehingga dipilihlah Miangas sebagai garda terdepan Indonesia sebagai Zona 1 dimulainya kirab pemuda ini. Hal ini diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Lanjut Nahrawi, dilakukan kegiatan ini di Miangas dalam suatu pemikiran dan cita-cita dipulai miangas ini merupakan salah satu wujud dari nawacita progresnya presiden Jokowi, dimana pemerintah harus hadir dan menyapa, sehingga kehadiran saat ini patut disyukuri karena bisa bertemu dengan semua masyarakat dan sangat menyenangkan karena dapat langsung bertemu tokoh masyarakat serfta petugas dan aparat yang berada di wilayah Minagas ini.

Ditambahkan Nahrawi, kenapa dipilih lokasi pertama dari daerah ini, karena perjalanan dari pulau miangas dan berkahir 8 desember di Blitar merupakan impelementasi presiden jokowi, dimana pulau terdepan perbatasan adalah mahkota yang harus dirawat dan disentuh dan negara hadir sehingga menjadi wujud nyata lewat bandara yang hadir, yang akan membawa cita cita besar anak bangsa untuk semakin optimis mengisi poembangunan masa depan indonesia.

Baca juga:  Melalui Momentum Maulid Nabi, Gubernur Ajak Umat Islam Teladani Kearifan Muhammad

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE yang diwakili Kadispora Sulut Janny Lukas MSi menyatakan atas nama Gubernur mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada pihak penyelenggara dalam menjadikan Sulut sebagai lokasi pembukaan kirab pemuda, dimana dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pemuda yang ada di Sulut untuk semakin termotivasi sekaligus dalam pembangunan bangsa dan negara dapat berkontribusi aktif, sehingga rasa cinta tanah air dan nasionalisme dalam pemahaman kondisi saat ini dan dinamika kerja dapat terus terasa dalam mewujudkan Indonesia yang hebat.

Ditambahkan Lukas bahwa kedatangan mepora Nahrawi merupakan suatu bukti nyata dimana perhatian pemerintah pusat terus datang sampai ke daerah terdepan dipulau Miangas, yang berdampak rasa nasionalis semakin nyata dan tumbuh dalam semua masyarakat di Indonesia lewat kegiatan kirab pemuda ini.
Untuk diketahui, Menteri Pemuda dan Olahraga mengukuhkan 72 orang peserta inti

Baca juga:  Apresiasi Gerakan Sejuta Masker Polda Sulut, Ini Kata Pjs Gubernur Fatoni

Kirab Pemuda 2017 yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesai dengan berbagai latar belakang suku, agama dan rasnya. Dimana para pemuda terbaik yang lolos dalam seleksi menjadi peserta inti Kirab Pemuda 2017 ini akan merangkai perbedaan dan merangkai keanekaragaman dari Sabang sampai Marauke dan dari Miangas sampai Rote.

selain itu peserta Inti Kirab Pemuda 2017 zona I berangkat ke bandara untuk upacara di Titik Pangkal Zona I Miangas, pada 26 September 2017 terus bergerak ke barat Indonesia melewati Sabang dan berakhir di Blitar.

Selanjutnya peserta inti zona II berangkat pada 28 September 2017 dari Rote, Nusa Tenggara Timur melaksanakan upacara pelepasan di Titik Pangkal Zona ll terus bergerak ke timur Indonesia melewati Merauke dan berakhir di Blitar. Sebab, lanjutnya, acara puncak Kirab Pemuda 2017 akan dilaksanakan di Blitar pada 6-8 Desember 2017. (Chris)