Kota Manado Raih Juara Umum PORPROV 2017, Walikota GSVL Bangga Dengan Semangat Para Atlet

TopikSulut.com,Manado – Kota Manado sebagai Ibukota dari provinsi Sulawesi Utara akhirnya keluar sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sulawesi Utara ke-9 di Kabupaten Minahasa. Setelah melalui perjuangan yang tak mengenal menyerah, kontingen Kota Manado akhirnya berhasil  memperoleh 71 emas, 48 perak dan 37 perunggu. Sedangkan Juara Umum kedua Kabupaten Minahasa dan Juara Umum ketiga Kota Bitung.

Penyerahan piala Juara Umum dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE disaksikan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut kepada Walikota GS Vicky Lumentut, dalam acara penutupan PORPROV Sulut, di Wale Ne Tou, Sasaran Tondano, Minahasa, Senin (16/10) malam.

Walikota  Manado GS Vicky Lumentut mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih para atlet dari Kota Manado. Meski demikian, Walikota menegaskan ada tantangan yang harus dihadapi untuk memasuki level selanjutnya yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) di Provinsi Papua.

“Sebagai Walikota Manado, tentunya saya bangga dengan semangat juang atlet-atlet Kota Manado sehingga bisa meraih Juara Umum pertama pada Pekan Olah Raga Provinsi Sulut di Minahasa ini. Tetapi.juga ada tantangan bagi para atlet untuk terus berlatih menghadapi PON di Papua,” kata Walikota.

Baca juga:  Bendungan Kuwil-Kawangkoan Senilai Rp1,9 T Diresmikan Presiden Jokowi

Dirinya juga berterima kasih atas support yang tak henti dari pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Manado terutama Ketua Umum Hengky Kawalo dan Ketua Harian Benny Parasan.

“Prestasi yang diperoleh kontingen Manado ini, tidak lepas dari dukungan yang diberikan KONI Kota Manado bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado,” jelas Walikota yang turut didampingi Kabag Pemerintahan Humas Steven Runtuwene SSos kepada sejumlah wartawan.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Olly Dondokambey mengatakan prestasi olahraga di Sulut mulai menampakan kemajuan. Sehingga, ajang PORPROV Sulut akan digelar dua tahun sekali.

“Untuk Porprov dua tahun depan, akan dilaksanakan di Kota Bitung. Sengaja kita bikin setiap dua tahun, agar kita bisa tahu bagaimana kemajuan pembinaan olahraga lewat suatu kompetisi,” ujar Gubernur.

Baca juga:  Lantik Pengurus KONI Sitaro, Steven Kandouw: Cari Uang Bukan Disini Tempatnya

Tampak hadir pula Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, yang ikut memberikan dukungan bagi keberhasilan kontingen Kota Manado meraih Juara Umum pertama.

Penutupan PORPROV Sulut ke-9 dilakukan Gubernur dengan memukul tetengkoren sekaligus menjanjikan Rp 10 Miliar bagi peraih Juara Umum Kota Manado, dan Rp 5 Miliar bagi Kabupaten Minahasa sebagai juara kedua serta Rp 2,5 M bagi Kota Bitung yang akan dianggarkan pada APBD Propinsi Sulut 2018 nanti.

Diketahui sebelumnya Walikota GSVL terus memberikan support dan membakar semangat Kontingen Kota Manado yang bertarung dalam Pekan Olah Raga Provinsi (PORPROV) Sulawesi Utara (Sulut) ke-9 di Kabupaten Minahasa, dan guna mempertahankan Gelar Juara Umum rela meluangkan waktu ditengah kesibukan yang padat untuk datang ke lokasi pertandingan di Tondano.

(Adv)