Bertandang ke Korsel, First Lady Sulut Dampingi Ibu Megawati Menerima Gelar Doctor HC di Universitas Nasional Mokpo

Topiksulut.com, KORSEL/SEOUL – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sulawesi Utara Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menghadiri acara penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa bidang ekonomi oleh Universitas Nasional Mokpo Korea Selatan kepada Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Kamis (16/11/2017) sore.

Gelar diberikan atas konsistensi Megawati dalam memperjuangkan demokrasi Pancasila sebagai alternatif bagi sistem ekonomi kapitalisme saat ini.

“Ekonomi Pancasila sangat relevan dengan kondisi saat ini. Kapitalime menghasilkan ketimpangan yang makin lebar, lalu kerusakan lingkungan yang mengancam bumi,” kata President of National Mokpo University, Il Choi, dalam acara penganugerahan gelar tersebut.

Di luar itu, Universitas Mokpo juga melihat peran Megawati sebagai ketua umum partai politik terbesar di Indonesia sekaligus kontribusinya di kawasan Asia Timur Laut.

“Dan beliau memberikan perhatian khusus di penyelesaian masalah Semenanjung Korea,” kata Il Choi.

Baca juga:  Agus Nelwan, Calon Legislator Manado Yang Siap Bekerja Untuk Rakyat Dengan Hati Nurani

Gelar diberikan dalam prosesi yang dilaksanakan di ruangan aula rektorat Universitas Nasional Mokpo. Acara itu dihadiri lebih dari 1.000 mahasiswa Universitas Mokpo yang mengikuti acara sejak awal. Hadir juga perwakilan petinggi partai penguasa di Korea Selatan (Korsel) Park Ji Won dari Democratic Party, Gubernur, dan walikota setempat, civitas akademika Universitas Mokpo termasuk ketua ikatan alumninya, serta para pengusaha dan kamar dagang setempat.

Sementara dari Indonesia, selain Ibu Rita, Ibu Megawati turut didampingi anggota keluarga dan sejumlah kawan dekatnya, termasuk putra sulungnya Muhammad Rizky Pratama, anggota DPR Herman Hery, Daryatmo Mardiyanto, dan Nico Siahaan. Hadir pula Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi dan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Joni Hermana.

Baca juga:  Siap di Gelar, Ini Rundown Acara Festival Bunaken 2019

“Saya sangat merasa terhormat untuk gelar Doktor Honoris Causa dari kampus seperti ini,” kata Megawati.

Dia mengaku merasa bangga karena bisa memfasilitasi kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan. Termasuk perjanjian kerja sama Mokpo National University dan ITS yang dilakukan sebelum pemberian gelar itu.

Rektor ITS Joni Hermana mengatakan pemberian gelar doktor kehormatan itu merupakan bentuk pengakuan atas besarnya pengaruh kebijakan Megawati dari kacamata internasional. Pihaknya menilai Universitas Mokpo sudah tepat memberikan gelar DHC itu.

“Sebab Ibu Megawati memang memiliki peran yang sangat besar. Beliau adalah presiden RI Kelima, Ibu Bangsa dari negara Indonesia yang berpenduduk 250 juta orang dan memimpin parpol terbesar di Indonesia,” kata Joni. *(Chris)