Tumbelaka Harap Gubernur Pertimbangkan Birokrat Asli Minahasa Jadi Penjabat Bupati Sementara

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Berakhirnya masa jabatan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) pada 17 Maret 2018 mendatang tentu tidak bisa dibiarkan kosong begitu saja.

Hal ini sesuai aturan harus di isi dengan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati guna meneruskan roda pemerintahan didaerah tersebut.

Adapun untuk lowongan penjabat Bupati Kabupaten Minahasa nantinya merupakan otoritas penuh Pemprov Sulut.

Untuk itu, pemerhati politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka berharap Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Wagub Drs. Steven O.E Kandouw untuk dapat mempertimbangkan pejabat senior pemprov sulut yang berasal dari Minahasa.

Tumbelaka pun ketika ditemui tim Topiksulut.com beberapa waktu lalu mengatakan bahwa ada beberapa pejabat senior yang masih menjabat di pemprov sulut yang dapat dimasukan dalam nominasi, seperti Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Daerah Roy Mewoh, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jenny Karouw dan Kepala Inspektorat Nixon Watung, Kepala Dinas Perkebunan Refly Ngantung, Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong dan Kepala Biro Perlengkapan Jemmy Ringkuangan.

Baca juga:  Dihadapan Sekjen Dewan Energi Nasional Wagub Minta Kebutuhan Listrik di Sulut Lebih diperhatikan

“Ya kalau pejabat yang sekarang sudah habis masa tugasnya, ya harus diisi dengan pejabat sementara agar roda pemerintahan tidak kosong, karena jabatan DB 1 C tersebut sangat penting dalam pengambilan kebijakan dan kelangsungan roda pemerintahan disana”, jelas Tumbelaka yang terkenal kritis dalam memperhatikan situasi politik pemerintahan di daerah Nyiur Melambai ini.

“Tapi semua kan teegantung pimpinan selaku pengambil keputusan”, tambahnya.

Perhitungan Tumbelaka pun tidak melupakan salah satu pejabat senior dari pemprov sulut yang kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa yaitu Jeffry Korengkeng yang diketahui sangat mengenal seluk-beluk pemerintahan di Kabupaten Minahasa.

“Pak Jeffry Korengkeng juga tidak bisa kita lupakan, beliau sekrang menjabat sebagai Sekda di Minahasa, jadi sudah tentu mengenal seluk-beluk disana, tapi juga tidak menutup kemungkinan bagi pejabat oemprov yang lain seperti yang telah saya sebutkan tadi”, jelasnya, sambil mengatakan bahwa Korengkeng harus terlebih dulu hijrah kembali ke Pemprov, karena kalau tidak bisa terkendala aturan.

Baca juga:  Wagub Steven Buka Penilaian Kinerja Penurunan Stunting

Pada kesempatan yang berbeda beberapa waktu yang lalu, Gubernur Sulawesi Utara yang ditemui oleh awak media mengatakan bahwa untuk mengisi jabatan sementara Bupati Minahasa harus asli putra Minahasa.

“Tentu harus putra Minahasa, karena dia sudah kenal betul dengan bidaya, lingkungan dan kondisi wilayah yang ada di Kabupaten Minahasa”, jelas orang nomor satu di Sulut tersebut. (Chris)