Hadiri Peringatan Hari R.A Kartini di Istana Bogor, Ini Ajakan Firts Lady Sulut

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Ketua TP-PKK Sulawesi Utara Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menghadiri peringatan Hari Kartini di halaman belakang Gedung Induk Istana Kepresidenan, Bogor, Sabtu (21/4/2018) pagi.

Kegiatan yang bertema Perempuan Indonesia yang Menginspirasi itu dipimpin langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu juga diikuti Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla serta para istri menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase KK).

Hadir juga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Lingkungan dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak Yohana Yembise. Mereka kompak menggunakan seragam kebaya.

Acara peringatan Hari Kartini itu diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Lagu Ibu Kita Kartini. Acara dilanjutkan dengan penayangan kegiatan OASE KK dan penyerahan penghargaan.

Peringatan Hari Kartini itu juga diisi dengan persembahan seni budaya dan peragaan busana, peninjauan bazar dan ramah tamah.

Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini Nora Tristyana Ryamizard Ryacudu mengatakan rangkaian peringatan Hari Kartini sudah dimulai sebelumnya. “Kegiatan pendukung, kami melaksanakan bakti sosial dan penanaman pohon,” ucapnya.

Selain itu, rencananya, akan digelar lomba lari Kartini Run, Minggu besok, yang pesertanya didominasi wanita. “Ada pula wawancara dengan perempuan hebat di Indonesia yang dilakukan oleh Ibu Iriana,” ujarnya.

Diketahui, R.A. Kartini merupakan salah satu pahlawan wanita Indonesia yang rela berjuang untuk rakyat Indonesia di masa penjajahan. Beliau adalah wanita terdidik yang memiliki harapan atas kesamaan gender. Di masa itu memang wanita tidak dihargai, tidak boleh mendapatkan pendidikan yang layak hanya tugasnya harus di rumah mengurus suami, anak dan memasak.

Kemudian R.A. Kartini berjuang agar wanita tidak ditindas dan bisa sejajar dengan pria lewat sebuah perjuangannya yang menyuarakan kebenaran. Beliau memang wanita cerdas yang pemberani hingga semua yang dilakukan memberi arti yang sangat besar bagi wanita Indonesia sampai saat ini.

Adapun dalam kesempatan itu, Ketua TP-PKK Sulawesi Utara Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan yang terlihat anggun dengan baju Tenun Koffo khas Nusa Utara Sulut tersebut  mengajak kaum perempuan Sulut memaknai Hari Kartini dengan menggali potensi diri dan memanfaatkannya. Lantaran perempuan bisa berkiprah di bidang apapun.

“Memaknai Hari Kartini bagi saya adalah, perempuan bisa berkiprah dimanapun. Jika ada peluang kita harus bisa memanfaatkan peluang tersebut dan menggali potensi yang ada dalam diri kita,” kata Ibu Rita usai mengikuti peringatan Hari Kartini di Halaman Kepresidenan Istana Bogor, Sabtu (21/4/2018) pagi.

Ibu Rita mengatakan apapun kemampuan dan potensi dalam diri perempuan untuk berkiprah dalam berbagai bidang, tetapi jangan sampai lupa terhadap kodrat sebagai kemampuan, sebagai isteri dari seorang suami dan sebagai ibu dari anak-anak di rumah.

“Apapun kiprah kita, sebagai seorang perempuan jangan sampai lupa terhadap kodrat, sebagai seorang isteri dan ibu dari anak-anak di rumah,” katanya. (Chris)