Lantik Pengurus KNPI Mitra, Suawa Minta Harus Terdepan Ciptakan Situasi Kondusif di Pilkada 

DILANTIK: Ketua DPD KNPI Kabupaten Mitra Ruland Sandag saat menerima Pataka, didampingi Sekretaris Kyrie Ruata dan Bendahara Selvie Lendombela serta jajaran pengurus yang dilantik, Jumat lalu. (foto ist)
RATAHAN, TOPIKSULUT.COM-Setelah menunggu sekira empat bulan pasca MusyawarahDaerah (Musda)  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) pada medio Desember 2017 lalu, akhirnya secara resmi kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Mitra resmi dilantik, Jumat (28/4/2018).
Dengan dilantiknya pengurus yang baru, diharapkan mampu menjadi terdepan menciptakan situsi kondusif dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).
Generasi muda melalui wadah KNPI harus mampu menjadi terdepan menciptakan situasi yang kondusif jelang perhelatan pesta demokrasi pada Pilkada 2018. Jangan justru dengan kepentingan perhelatan politik ini justru mengkotak kotakan antar kader KNPI,” kata Wakil ketua bidang OKK DPD Sulut Stevi Suawa saat mengukuhkan pengurus baru KNPI Mitra periode 2017-2020 di aula kantor bupati Mitra Jumat (28/4/2018).
Menurut Suawa, kalangan pemuda identik dengan sikap kritis namun juga mampu memberikan solusi sekaligus bijak menyikapi setiap kondisi dan situasi yang ada. Kata Stevi, momentum Pilkada hanya salah satu momentum pesta demokrasi di daerah. Sementara agenda pengurus baru kedepannya masih banyak.
“Boleh tajam berargumentasi termasuk dalam proses demokrasi. Silahkan saja, asalkan tetap menjaga kesatuan dan kebersamaan apalagi di organisasi ini,” ujarnya.
Dalam kesempatan ini, Stevi ikut membeberkan sejumlah kader KNPI yang kini sukses sebagai pemimpin. Salah satunya James Sumendap sebagai bupati Mitra. Diapun meminta agar kader KNPI belajar kepadanya. Inilah kemudian yang membuat Sumendap sangat konsen dan memberikan perhatian kepada KNPI di Mitra.
“Belum ada pemimpin di daerah yang memberikan kendaraan operasional hingga jajaran Pimpinan kecamatan. Baru beliau (James Semendap),” ungkapnya mengapresiasi.
Sementara, Ketua terpilih yang sekaligus dikukuhkan Ruland Sandag, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan semua pihak yang sudah memberikannya kepercayaan sebagai ketua DPD KNPI kabupaten Mitra. Baginya ini sebuah tanggungjawab besar yang harus dilakukan dengan sebaiknya.
“Saya berterima kasih kepada DPD Sulut dan teristimewa para Pimpinan KNPI Kecamatan beserta seluruh generasi muda. Ini bagi saya luar biasa dan menjadi motivasi bagi saya untuk berbuat yang terbaik. Termasuk juga bagi pemerintah kabupaten sebagai Mitra kami,” tegas Ruland.
Dia berjanji, dalam kepengurusannya akan mengakomodir setiap ide gagasan strategis pemuda sebagai bagian dari partisipatif membangun Mitra.
“Eksistensi dan peran pemuda dalam pembangunan begitu sentral. Lewat wadah KNPI mari kita berkreatifitas dan berinovasi untuk kabupaten Mitra lebih baik. Saya minta dukungannya untuk memberikan yang terbaik dalam organisasi ini maupun bagi kabupaten Mitra,” tandasnya.

Sementara, Asisten 1 Setdakab Mitra mengatakan, KNPI sebagai wadah berhimpunnya generasi muda di Minahasa Tenggara harus dapat bersinergi dan mendukung program pemerintah. “Generasi muda termasuk KNPI merupakan ujung tombak suksesnya program pemerintah dalam mensejahterakan rakyat Mitra. Karenanya, peran KNPI sangat dibutuhkan demi kemajuan daerah yang kita cintai Minahasa Tenggara,” punkasnya. (otnie)

Baca juga:  Wapres RI Berikan Penghargaan Paramakarya Kepada Wagub Sulut