API Lantik Pengurus DPD Sulut, Gubernur Harapkan Dukungan Hamba Tuhan

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN –¬†Asosiasi Pendeta Indonesia (API) melantik Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Sulawesi Utara masa bakti 2018-2023 pada Kamis (3/5) di Ruang C.J Rantung Kantor Gubernur Sulut. Gubernur Olly Dondokambey, SE berharap para pengurus yang merupakan Hamba Tuhan mendukung program kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Hal ini disampaikan Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Edison Humiang M.Si
Selain mengungkapkan apresiasinya terhadap kepengurusan DPD API Sulut yang baru, dia menyatakan pengurus harus semakin responsif terhadap berbagai tantangan dan ancaman yang senantiasa menjadi hambatan dalam pencapaian tujuan bersama.

“Saya berharap kepada segenap pengurus dan anggota Asosiasi Pendeta Provinsi Sulawesi Utara dan seluruh Hamba Tuhan, untuk kiranya dapat terus mendukung lewat doa dan karya berbagai kebijakan dan program pemerintah yang sedang dan akan dilakukan kedepan demi upaya bersama kita untuk mewujudkan Sulawesi Utara Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Politik, dan Berkepribadian Dalam Budaya,” demikian Humiang membacakan sambutan Gubernur.

Acara diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat API Pdt. Brigjen (Purn) Drs. Harsanto Adi S, MM, M.Th dimana ia turut menyoroti kondisi dalam negeri yang diwarnai aksi radikalisme. Dalam kotbahnya ia menyampaikan bahwa API merupakan ‘Kopassus’ Komando Pasukan Khusus Tuhan Yesus. “Segenap anggota API harus menempatkan Yesus sebagai Panglima dan siap menjalankan perintahNya,” kata dia.

Harsanto juga menegaskan bahwa obyek API adalah pendeta bukan dogma gereja. Dia juga menekankan agar pengurus API dapat membangun komunikasi dengan pejabat pusat dan daerah untuk dapat mengcounter peraturan – peraturan yang tidak Pancasilais.

“Hamba Tuhan harus punya wawasan kebangsaan, punya jiwa patriotisme dan nasionalisme. Membawa komunitasnya membangun negeri, bekerja sama bersama ulama dan umaroh mempersempit ruang gerak radikalisme,” papar mantan Asisten Deputi VII Menkopolhukam RI ini.

Acara yang dihadiri Pendeta Muda, Pendeta Pembantu, Penginjil, Pekerja dan Hamba – Hamba Tuhan dari berbagai gereja dan berbagai aliran Kekristenan Indonesia ini kemudian melantik dan mengambil sumpah Pengurus DPD API Sulut ditutup dengan pemberian pataka oleh Ketua Umum DPP API Indonesia kepada Ketua DPD API Provinsi Sulawesi Utara yang baru DR. Yarry Lumangkun, MA, M.Th. (Chris)