Bertemu Wagub Sulut, Watimpres RI Bahas Soal Perkembangan Pembangunan Sulut

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Bertandang ke Provinsi Sulawesi Utara, (Kamis 12/7/2018) Suharso Monoarfa selaku Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw di ruang kerjanya guna membahas soal perkembangan pembangunan yang ada di Sulawesi Utara, terlebih khusus proyek-proyek yang menggunakan anggaran APBN.

“Ya untuk membahas perkembangan pembangunan di Sulawesi Utara ini, apalagi ada beberapa proyek besar yang bersumber dari APBN,  jadi intinya kami ingin melihat beberapa peluang dari proyek pemerintah yang dapat kita biayai dengan skema yang baru yaitu yang tidak memberatkan APBN”, jelas Monoarfa kepada para awak media.

“Sekarang memang pembiayaan dengan skema yang baru sedang dikembangkan, dan patut berbangga sebab Sulawesi Utata masuk skala prioritas.

“Seperti diketahui, banyak biaya pembangunan menggunakan instrumen kerja sama antara perusahaan swasta dan pemerintah. Sekarang, ingin kembangkan kerja sama yang lebih luas antara pemerintah, BUMN dan masyarakat yang bisa dibiayai dengan jangka panjang dan suku bunga murah,” jelasnya.

Adapunmenurut Monoarfa yang kala itu didampingi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, tiga mega proyek Sulut yang masuk dalam skala prioritas tersebut mencakup penyelesaian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional serta proyek Pelabuhan Bitung.

“Ini ada tiga, KEK Likupang, TPA Regional dan Pelabuhan Bitung, nah dari tiga ini akan kami lihat mana yang paling berpeluang”, tutupnya. (Chris)