Buka Festival Pesona Bunaken 2018, Wagub Tekankan Soal 4 A

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Buka festival Pesona Bunaken 2018 yang dirangkaikan dengan pameran produk unggulan daerah, atraksi budaya, karnaval budaya, volley pantai serta perahu hias, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E Kandouw tekankan soal 4A, seperti Access (Aksesibilitas), Atracctions (Atraksi), Ameneties (Fasilitas), Atmosfer (Atmosphere).

Menurut orang nomor dua di Sulut tersebut (Wagub), untuk mendongkrak perkembangab daerah termasuk sektor pariwisata, empat hal tersebut harus benar-benar dimatangkan.

“Ada empat hal (4 A) yang harus benar-benar dimikili satu daerah untuk kemajuannya, yang pertama aksesibilitas,
pertumbuhan pariwisata kita bisa berkembang sampai 66%, lebih besar dari daerah lain seperti provinsi Yogjakarta atau provinsi Bali karna pak Gubernur membuka akses yang luas”, terang Wagub.

“Kedua, kita harus memiliki Atraksi, sampai saat ini kalau saya hitung-hitung hanya sekitar 14 atraksi yanh ditampilkan dalam satu Tahun, harusnya lebih banyak lagi, seperti Bali, Jogja dan lainnya, karena 14 atraksi dalam satu tahun itu sangat jauh, lihat saja Bali, dalam sebulan berapa atraksi yang mereka tampilkan, semua itu menarik minat wisatawan, ini tugas untuk Kadis Pariwisata dan jajaran, harua ada yang namanya atraksi yang berkesinambungan”, sambungnya.

Ketiga, kita juga harus bisa menyeimbangkan Fasilitas atau Ameneteis, contohnya sepeeti hotel, restoran, dan lain-lain, turis yang datang sudah cukup banyak, tapi hotel masih kurang bahkan ada yang masih mahal dibanding daerah lain, harus dikontrol itu, apalagi taxi itu harganya masih cukup mahal”, jelas Wagub.

Dan yang keempat Wagub menekankan terkait Atmosfer atau suasana sekitar.

“Kalau mau maju, jaga itu namanya Atmosfer, jangan ada lagi premanisme, pemalakan dan sebagainya, termasuk kebersihan, sampah-sampah jangan ada yanh berserakan di jalan-jalan, reatoran jaga itu kebersihan. Disini ada BPOM, tolong pihak BPOM kontrol restoran-restoran yang amburadul”, tegas Wagub sembari menhagakan bahwa warning tersebut pula termasuk untuk 15 Kabupaten/kota se-Sulut.

“Mari jaga bersama Atmosfer kita”, tutup Wagub.

Dalam kesempatan itu pula, Wagub didampingi oleh BPOM sempat memyerahkan piagam penghargaan kepada tiga restoran yang ada di Manado, seperti, Kawan Baru, Bastianos dan The Kampoeng Resto.

Acara pembukaan Festival Pesona Bunaken 2018 pun dimulai dengan pemukulan tentengkoren dan pelepasan balon Wakil Gubernur Sulut dan jajaran terkait. (Chris)