Sejumlah Pejabat Eselon II Disebut Bakal Maju Dalam Pileg 2019 dan Pilkada 2021, Ini Jawaban Gubernur OD

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Terkait sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang akan segera menutup karirnya sebagai birokrat (pesiun), dan disebut-sebut bakal mengijuti kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) tingkat Provinsi, Olly Dondokambey SE selaku Gubernur Sulawesi Utara ketika ditemui awak media (14/8/2018) di kantor Gubernur mengatakan bahwa dirinya mendukung aksi para pejabat negara tersebut.

“Ya,kan mereka tahun ini sudah pensiun, dan memang ada juga yang belum pensiun, sebagai Gubernur saya tidak melarang itu hak mereka, saya dukung saja, tapi ingat, semua ada aturannya, harus sesuai aturan yang berlaku soal aparatur sipil negara, kalau yang sudah mau pensiun sudah harus pensiun terlebih dulu, sedangkan kalau yang belum masuk usia pensiun berarti harus mengurus admistrasi pemberhentian, ya harus rela melepaskan jabatan birokrasinya”, jelas Gubernur.

Sebut saja Ir. Royke Roring M.Si mantan Asisten III Setdaprov Sulut yang saat ini menjadi Bupati Kabupaten Minahasa, dan Drs. Jhon Palandung yang juga terpilih sebagai Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro, sesuai data yang berhasil didapatkan tim Topiksulut.com, kedua mantan birokrat senior ini memang sebelumnya telah memasuki usia pensiun dan telah terlebih dahulu mengurus berkas pensiun sebelum mencalonkan diri sebagai Kepala Daerah.

Baca juga:  Berikan Penghargaan Kepegawaian Award 2017, Wagub : Ini Harus Jadi Acuan ASN Sulut

Hal itu juga menurut orang nomor satu di Sulut harus diikuti oleh para Birokrat yang bakal turun dalam Pileg 2019, seperti Christiano Talumepa yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur, Ricky Toemandoek Kepala Bappeda Sulut dan Royke Mewoh yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas Bupati Minahasa dan sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Daerah (DPMDD) Setdaprov Sulut.

Lebih lanjut, nama-nama tersebut memang sedang mencuat untuk maju dalam Pilkada 2021 di sejumlah daerah yang ada di Sulut. Sebut saja Christian Talumepa (Christal)  dan Royke Mewoh (Romeo), kedua nama tersebut diganyang-ganyang bakal bertarung pada pilkada kota Manado, sedangkan Ricky Toemandoek (Rindu) mencuat bakal maju sebagai Bupati Kabupaten Minahasa Selatan, tidak hanya iti, ada juga Kepala Dinas Kehutanan Sulut  Herry Rotinsulu (Hero) yang bakal maju dalam kontentasi Pileg Kabupaten Minit 2019 mendatang dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Happy Korah (HK) yang juga akan maju sebagai caleg dapil Malalayang-Sario pada Pileg 2019 mendatang.

“Ya baguslah, tapi harus menyelesaikan dulu segala administrasi sebagai Birokrat, dan wajib minta ijin Gubernur dulu, saya sih mendukung, kan bagus berarti ada kemajuan”, beber Gubernur Olly Dondokambey yang juga merupakan ketua DPD Sulut Partai PDI-Perjuangan. (Chris)