Bahas Soal Peningkatan Hubungan Bisnis Mindanao-Manado, Philipine Airlines Temui Wagub Sulut

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Jamu kedatangan rombongan Philipine Airline di ruang kerjanya (Jumat 07/09/2018) Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw bahas soal hubungan bisnis antara Sulawesi Utara dan Republik Filipina Selatan (Mindanao).

Wagub dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pihak Filipina Selatan yang dalam hal ini Mindanao ingin meningkatkan hubungan bisnis antara Sulut dan Mindanao.

“Jadi mereka tujuannya ingin meningkatkan hubungan bisnis antara Mindanao dengan Sulut”, jelas Wagub.

Wagub juga mengatakan bahwa pihak Filipina Airline juga sempat membahas soal kehadiran kapal RoRo, menurut mereka persiapan kapal RoRo terlalu terburu-buru.

“Mereka mengakui bahwa persiapan kapal RoRo terlalu terburu-buru, apalagi ukuran kapal tersebut yang sangat besar, jadi akan diganti dengan yang lebih kecil”, tambah Wagub.

Baca juga:  Sekprov : Eselon III IV Harus Punya Integritas dan Loyalitas, Eselon II Akan Job Fit Dulu

Meskipun demikian, Wagub mengatakan bahwa pihak Filipina juga mengapresiasi kehadiran kapal RoRo.

“Mereka akui potensinya sangat bagus”, ucapnya.

Tidak hanya itu, Wagub mengatakan bahwa dalam kesempatan itu juga mereka sempat mengapresiasi pertumbuhan pariwisata Sulut, dimana sesuai pantauan mereka melalui Duta Besar Filipina di Bali, banyak Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang melakukan perjalanan ke Manado setelah berkunjung di Bali.

Untuk itu mereka berharap diwaktu kedepan penerbangan-penerbangan Wisman baik dari Bali, Jakarta dan lainnya bisa transit di Manado dan meneruskan perjalanan ke Filipina.

“Mereka mengakui gebrakan pak Gubernur yang membuat banyak wisman masuk ke Sulut, contohnya dari data yang mereka miliki dari Dubes Filipina untuk Bali yang mengatakan banyak Wisman yang dari Bali melakukan penerbangan ke Manado sebelum pulang ke negara mereka, untuk itu mereka berharap agar diwaktu kedepan wisman yang datang ke Sulut bisa lanjut ke Filipina”, jelas Wagub.

Baca juga:  Hadiri Wisuda di UNSRAT, Wagub Berikan Motivasi Bagi 1.143 Sarjana

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Sekretaris Otoritas Pembangunan Mindanao Rome Montenegro (Wakil Kepala Delegasi), Konsul Muda Manuel C. Ayap, Charlie T. Yu dari Filipina Airline (Pemimpin Group), Enrico Nabong, Perwakilan dari PAL Express, Jeremiah Reyes selaku Atase Perdagangan Jakarta, dan Brayen Sansolis dari Filipina Airlines Jakarta. (Chris)