Benahi PTSP dan Audit Internal, Upaya PN Manado Kejar Akreditasi

Manado169 Dilihat

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Guna meningkatkan pelayanan hukum bagi masyarakat pencari keadilan dan mengejar nilai akreditasi, Pengadilan Negeri (PN) Manado di bawah pimpinan Lukman Bachmid dan Liliek Prisbawono Adi, lakukan perombakan tampilan fisik untuk meja PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) agar memenuhi standard. Tidak hanya itu saja, bahkan pembenahan secara internal dengan audit masing masing bidang sedang berjalan saat ini.

Perubahan besar-besaran pada PTSP yang telah menjadi program unggulan ini bertujuan meningkatkan transparansi agar tidak ada namanya pelayanan diluar Pengadilan.

Dan hasil pemikiran Bachmid dan Liliek atas perubahan tersebut telah membuat tampilan fisik PTSP PN Manado menjadi lebih baik dan apik.

Baca juga:  PSI Sulut Kutuk Aksi Teroris di Surabaya

Terkait hal ini, Juru Bicara PN Manado, Hakim Vincentius Banar SH MH pun tak menepis kalau perubahan loket PTSP, orientasinya memang berkaitan erat dengan penilaian akreditasi.

“PTSP yang dicanangkan Dirjen Badilum memang merupakan point tertinggi dalam penilaian akreditasi, dan perubahan ini dilakukan, sebab pada waktu lalu tim akreditasi sempat menyorotinya, ” terang Banar, saat menyampaikan ide pembenahan Bachmid dan Liliek atas perubahan meja PTSP.

“Akreditasi sebetulnya dalam hitungan hari . Yang jelas dalam rangka akreditasi kita tidak melihat waktunya kapan. Setiap saat kami pandang akreditasi itu ada penilaian,” tambahnya.

Lebih lanjut, Banar juga mengungkapkan PN Manado kini bukan hanya tengah membenahi segi fisik. Bagian internal pun seiring berjalan, dengan melakukan sistem audit internal.

Baca juga:  Memasuki Musim Hujan ," Ini Himbauan Waworuntu agar tetap Waspada Banjir & tetap menjaga kebersihan"

“Untuk strukturnya, Top Manajer bapak Ketua PN , Manajer Representatifnya bapak Wakil Ketua, dan Lead Auditornya pak Benny. Pada bidang bidang, tipikor saya (Banar, red) dan Ibu Sarinah, Audit bagian hukum pak Arkanu, umum dan keuangan, pak Tamara, pak Imanuel dan Ibu Djulita,” singkatnya, sembari menambahkan hasil audit bidang Tipikor, Hukum, Pidum, Perdata , PHI , bagian umum dan keuangan, nanti akan diserahkan kepada Lead audit internal, Jumat (21/9/2018. (ely)