Ditangan Olly Dondokambey, Pariwisata Sulut Siap Buka Penebangan Kinabalu-Manado

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Komitmen kepala daerah memang nomor satu dalam pengembangan pariwisata. Pimpinan daerah yang peduli dan serius mengembangkan pariwisata dengan cepat sehingga dunia pariwisatanya maju.

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE adalah contoh konkret kepala daerah di Indonesia yang fokus menggerakkan kemajuan pariwisata daerahnya.

Setelah membuka rute penerbangan Manado-Tiongkok sejak 4 Juli 2016 lalu, jumlah turis mancanegara yang didominasi turis Tiongkok yang berkunjung ke Sulut melonjak hingga 100 ribu orang pada September 2018.

Pencapaian ini luar biasa karena rata-rata kunjungan wisman ke Sulut selama 10 tahun terakhir hanya berkisar di angka 10.000 sampai 15.000 orang per tahun. Keadaan ini menguntungkan perekonomian Sulut. Pertumbuhan ekonomi Sulut mencapai 6,23 persen atau diatas rata-rata nasional.

Namun itu baru langkah awal. Kini Olly kembali mencatatkan langkah maju dengan merintis kerjasama penerbangan langsung (direct flight) dari Manado ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia yang bakal dimulai awal tahun 2019.

Baca juga:  Masa Reses II, Juddy Moniaga Serap ASMARA di Dua Desa Kecamatan Modoinding

Untuk mematangkan rencana tersebut Olly melakukan pertemuan sekaligus menandatangani naskah kerjasama (MoU) dengan Menteri Pariwisata Negara Bagian Sabah Malaysia, YB Datuk Christina Liew di Sabah, Jumat (23/11/2019) pagi.

Olly jeli melihat posisi strategis Kota Kinabalu sebagai salah satu wilayah tujuan wisata yang cukup besar di Malaysia. Tercatat sebanyak 2 juta turis mengunjungi Kota Kinabalu. Selain memiliki potensi wisata yang besar, Kota Kinabalu juga memiliki kedekatan geografis dengan Sulut.

Karenanya Olly optimis jika kedua wilayah ini jika dihubungkan dengan akses penerbangan langsung akan menguntungkan pariwisata Sulut karena bakal menambah jumlah kunjungan Wisman yang datang dari Kota Kinabalu ke Sulut.

Jika terealisasi, nantinya penerbangan tersebut akan difasilitasi oleh maskapai Batik Air, Malindo dan Lion Air.

Pada pertemuan yang berlangsung penuh keakraban ini, Olly juga mengucapkan terima kasih bisa bertemu dengan Menteri Christina Liew. “Saya pribadi dan atas nama masyarakat Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri,” ucap Olly.

Baca juga:  Fantastis, 7 Kali Raih WTP, OD-SK Makin Kedepankan Transparansi Keuangan

Olly juga mengundang Menteri Liew untuk mengunjungi Sulut pada tahun 2019. Ke depan diharapkan selain terwujudnya penerbangan langsung dari Kinabalu atau ke Manado juga sister city antara Manado dengan Negara Bagian Sabah.

“Saya mengundang Ibu Menteri untuk datang ke Sulawesi Utara pada tahun depan. Semoga nanti sudah ada penerbangan dari Kinabalu ke Manado,” ungkap Olly.

Menteri Liew juga mengapresiasi kunjungan Olly ke Sabah untuk membangun kerjasama di bidang pariwisata. Dia juga optimis penerbangan Manado-Konabalu bisa terealisasi tahun 2019.

Pertemuan bilateral yang difasilitasi Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana ini turut dihadiri Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS, Anggota DPRD Rocky Wowor, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel, jajaran Kedubes RI di Malaysia dan Kementerian Pariwisata Negara Bagian Sabah. (Chris)