Berbekal Inovasi dan Komitmen yang Hebat, Tim Bapenda Sulut Jabarkan Visi-Misi OD-SK

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN –Memiliki Visi : Terdepan dalam pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pelayanan Prima, serta Misi : Mengembangkan kebijakan Pendapatan Daerah yang dapat diterima masyarakat, partisipatif, bertanggungjawab dan berkelanjutan, maka Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Utara yang dinakhodai oleh Olvie Atteng SE, M.Si, dengan komitmen tegas dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima (excellent service) terpercaya, transparan dan akuntabel, serta mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yabg berdedikasi, berintegritas tinggi serta menjunjung tinggi profesionalitas kerja dalam membangun sistem kelembagaan yang berbasis kompetensi, mampu melahirkan inovasi-inovasi pelayanan publik yang makin dekat dengan masyarakat Bumi Nyiur Melambai (Sulawesi Utara) ini.

Adapun inovasi yang berhasil dilahirkan Bapenda Sulut yang berkolaborasi bersama PT. Jasa Raharja, serta Bank SulutGo dibawah nakhoda Olvie Atteng selama tahun 2018 mencakup 

  1. Inovasi seeSAMRATsmart (Triple S) , yaitu Sistem Penelusuran, Penagihan dan Pembayaran Pajak Kendaraan Bemotor Sulawesi Utara, yang didalamnya Masyarakat/Wajib Pajak dapat memperoleh informasi Pajak Ranmor secara akurat dan akuntabel yang dibawakan oleh petugas Bapenda Sulut secara Door to Door, By Name By Adress. 
  1. Razia Kendaraan Bermotor Online, yang dilakukan kerjsama Ditlantas Polda dan Jasa Raharja Sulut, dimana masyarakat dapat membayar PKB ditempat Razia. 
  1. Inovasi Cek Info Pajak Kendaraan Sulut melalui Smartphone Adroid pada Google Store 
  1. Cek info PKB melalui SMS Gate Way pada nomor 0811 847 2018 
  1. Pembayaran PKB melalui ATM/Teller dan M-Banking Bank SulutGo. 
  2. MOU dengan Dukcapil, PTSP, DJP, BPHTP 
  1. Layanan Pengaduan Dan Informasi 
  1. Mall Pelayanan Publik 
  1. Tax Clearence 
  1. Program Siap Membangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi 
  1. Program Keringanan dan Pengurangan Pajak Daerah Tahun 2018 
  2. BOA (Bapenda Orange Army) yang bertugas untuk melakukan penelusuran Pajak Kendaraan Bermotor serta Sosialisasi program dan terobosan Bapenda 

Berkat sejumlah inovasi Attenf bersama tim Bapenda Sulut tersebut, penghargaan demi penghargaan pun tak lepas dari Satuan Kerja tersebut. Adapun sejumlah penghargaan yang sempat diterima Bapenda Sulut selama tahun 2018 ini yaitu, terbaik 1 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik se-Sulawesi Utara 2018 dengan Inovasi seeSAMRATsmart, mendapatkan kategori Baik Unit Penyelenggara Pelayanan Publik tahun 2018 oleh Kementrian PAN-RB, mendapatkan Piagam Penghargaan dari Serikat Perusahaan Pers Indonesia Cab. Sulut sebagai Journalist Friendship Tahun 2018, penghargaan Pengembangan Pelayanan Tahun 2019, E-ARSIP RANMOR SILUT, E-RETRIBUSI.

Tidak hanya itu, Atteng beserta tim juga sepanjang tahun 2018 telah mampu menelorkan sejumlah outlet pelayanan publik terkait pajak kendaraan, seperti outlet pelayanan publik di Manado Town Square, dan Trasmart Kairagi.

Lebih lanjut, dengan kerjasama tim yang solid dari 10 UPTB yang tersebut di seluruh Kabupaten/kota di Sulut, Pengembangan Sarana Prasarana layanan publik melalui pengembangan Samsat Drive thru, Samsat Corner, Samsat Mobile, Samsat Outlet dan Samsat Dukung terus dioptimalkan tim Bapenda Sulut sampi pada tahap penandatangan MoU dengan pihk Dukcapil, dan PTSP terkait NIK dan data perusahaan di Sulawesi Utara. (CHRIS)