TunjanG Bitung Less Plastik, Dekranasda Dan TP PKK gelar TOT Pembuatan Tas Jaring

Berita Utama, Bitung209 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Dekranasda Kota Bitung, bersama Tim Penggerak PKK, Selasa (29/1) menyelenggarakan pelatihan menjadi pelatih atau Training Of Traner (TOT) pembuatan tas jaring di guest house rumah jabatan Walikota. Kegiatan ini dalam rangka menunjang program Bitung Go green Less Plastic.

Dalam melaksanakan TOT ini, Dekranasda dan TP PKK, berkolaborasi dengan tiga pemilik perusahaan perikanan di Bitung, yakni Eddy Julianto, Junaidi Ang dan Abrizal Ang dan dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Ny. Khouni Lomban Rawung dan dihadiri oleh Wakil Ketua Dekranasda Ny. Rita Mantiri Tangkudung, Ketua DWP Rinny PangemananTinangon, Sekretaris Daerah, Dr Audy Pangemanan,  Assisten 2, Jefry Wowiling serta para kepala perangkat daerah terkait, diantaranya, Kepala Dinas Pariwisata, Lingkungan Hidup, Koperasi, Perdagangan, serta Pengurus Dekranasda, TP PKK, dan Dharma Wanita Persatuan.

Baca juga:  Masalah Lingkungan Jadi Bahasan Utama Dialog Perhumas-Pemkot Bitung

“Melalui kegiatan ini diharapkan
Perempuan / ibu Rumah Tangga dapat diberdayakan, diberi keterampilan, sehingga selain menunjang program lingkungan (less plastic), juga dapat menghasilkan nilai ekonomi sehingga ada sistem yang ditercipta yaitu “spider system” dimana semua bisa mendapatkan manfaat,” kata Rawung.

Dekranasda sendiri menurutnya,  sangat menopang dan mendukung pelaksanakan pelatihan TOT pembuatan tas jaring ini untuk dijadikan alternatif tas belanja yang dapat dipakai berulang kali agar masyarakat tidak lagi menggunakan tas plastik sebagai tas belanja.

Rawung pun berharap dengan adanya TOT ini dapat mengurangi sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar, hingga terwujudnya Bitung less palstic serta meningkatnya pelaku industri di kota bitung.

Baca juga:  Dibuka Pekan Depan, Panwaslu Kecamatan Matuari Buka Pendaftaran Pengawas di 107 TPS

Pada hari pertama dan kedua pelatihan, diikuti oleh 5 peserta. Pada hari ketiga, 5 peserta yang sudah mendapatkan pelatihan tersebut akan melatih lagi masing masing 5 orang peserta lainnya dan seterusnya.

Para peserta (TOT) terdiri dari para ibu-ibu pengrajin serta pengurus dan anggota TP. PKK dan Dekranasda di kota Bitung dengan dua orang narasumber yakni, Wilma Empalmado dan Priliscya Isdianti. (hzq)