TopikSulut.com, MANADO-Pernyataan fenomenal dan sangat fantastis dilontarkan Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH (JS), usai menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 4 kali.

Apa pernyataan yang mengundang detak kagum media dan masyarakat? Yakni, ketika Bupati Mitra dua periode ini, menyebut, kalau saja masih ada kategori penilaian melebihi WTP, maka dia akan mengejarnya.

“Kalau masih ada tingkatan diatasnya lagi (di atas WTP), saya juga akan kejar. Ini sesuai komitmen saya, dimana Mitra menjadi yang terbaik dalam pengelolaan keuangan, pembangunan, dan kemasyarakatan, sebagai bukti pelayanan pemerintah bagi warga yang lebih baik,” tegas Sumendap.

Diketahui, JS bersama Ketua DPRD Mitra Marty Mareyke Ole SMn, menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Tahun Anggaran 2018 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra, Senin (27/5/2019), dan Pemkab Mitra memperoleh opini WTP ke 4 kali, yang diserahkan langsung Kepala BPK RI Sulut Drs Tangga Muliaman Purba MM.

Penyerahan ini disaksikan Anggota VI BPK RI DR Hari Aswar Azis, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, dan Ketua DPRD Sulut Andre Angouw.

Baca juga:  Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Sulut Ikuti Launching Gerakan Sulut Sejuta Masker

Sumendap mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan pelaporan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Menurutnya terselenggaranya clean and good governance, melekat erat dengan pengelolaan laporan keuangan, demi terwujudnya program pembangunan bagi daerah dan rakyat yang dipimpinnya.

“Meraih WTP itu kewajiban. Ketua BPK bilang itu adalah kewajiban minimum, makanya kami rebut. Pencapaian ini tergantung dari kemauan pemerintah, mulai dari kepala daerah sampai di tingkat bawah. Jika ada yang tak bekerja dengan baik, maka takkan mungkin hal ini bisa diraih,” ujar bupati yang memiliki karisma kepemimpinan yang luar biasa.

Ditambahkannya, dalam raihan ini, jangan sampai Pemkab Mitra terbawa eforia pencapaian gemilang itu. Justru, ia mengingatkan seluruh jajaran untuk terus berkomitmen meningkatkan kinerja pelayanan bagi warga.

“Jadikan ini pemicu dan loncatan untuk terus bekerja yang maksimal, demi daerah dan kesejahteraan rakyat,” pesan JS.

Sementara itu, Plt Inspektorat Kabupaten Mitra David Lalandos AP MM, menuturkan, pihaknya berterima kasih kepada BPK atas penilian yang diberikan kepada pemerintah Kabupaten Mitra.

Baca juga:  Resmi Dilantik, Lima Anggota Dewan Mitra Langsung Terbang ke Luar Daerah

“BPK kami tahu telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan sangat profesional, untuk itu atas penilaian ini, kami berterima kasih,” kata Lalandos, yang juga dipercaya sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Mitra.

Selama pemeriksaan BPK di Mitra, kata birokrat andal yang lulus terbaik di Diklat pim II, menambahkan, banyak hal yang pihak Inspektorat pelajari saat mendamping BPK pada pemeriksaan kurang lebih 40 hari lalu.

“Kami juga sebagai instansi yang memiliki tupoksi memeriksa dan mengawasi kerja perangkat daerah, ada pengalaman dan pelajaran yang kami dapat dari pemeriksaan itu. Ini menjadi acuan kami untuk lebih baik kedepan dalam pengelolan keuangan di Mitra,” jelas Lalandos.

Turut hadir dalam penyerahan opini WTP, Wakil Bupati Mitra Drs Jesaja Jocke Legi, Sekretaris Daerah Drs Robby Ngongoloy ME MSi, Kepala Badan Keuangan Daerah Mitra Mecky Tumimomor SE MSi, Kepala Bagian Humas dan Protokoler yang juga Plt Kadis Sosial Mitra Franky Wowor SSos, serta sejumlah kepala SKPD Pemkab Mitra. (Reagen)