Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini Solusi Penghijauan DLH Provinsi Sulut

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN –Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara gelar upacara peringatan dengan dipimpin secara langsung oleh Kepala Dinas DLH Provinsi Sulut Ir. Marly Gumalag. (Jumat/28/06/2019) pagi.

Adapun dalam kesempatan tersebut, Gumalag telah membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Siti Nurbaya M.Sc.

Dalam sambutan tertulisnnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan bahwa acuan dari peringatan Hari Lingkungan sedunia adalah peringatan atas World Health Organization (WHO).

Harus disadari bahwa ancaman terbesar kesehatan manusia dan bumi adalah polusi udara, untuk itu peringatan hari Lingkungan Hidup kali ini kita beri tema Biru Langitku, Hijau Bumiku, sebagai bentuk komitmen kita dalam mengendalikan polusi udara guna menjaga bumi kita tetap hijau”, ucap Gumalag melalui sambutan tertulis Menteri.

Menteri pun dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis DLH Provinsi Sulut, menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk memperbanyak menanam pohon dilingkungan sekitar, baik perumahan, hutan kota, serta sejumlah tempat lainnya.

“Mari kita perbanyak menanam pohon, baik di taman kota, lingkungan sekitar rumah, area bersepeda dan sejumlah tempat lainnya guna menciptakan ruang publik yang teduh dan nyaman, agar setiap orang yang berada ditempat tersebut bisa terbiasa dan merubah perilaku membuang sampah sembarangan”, sambungnya.

Gumalag pun mengatakan bahwa guna merealisasikan program pengendalian polusi udara, pihaknya akan melakukan gerakan menanam pohon dalam reduksi polusi udara, dimana ditargetkan tahun 2019 ada 207.000 hektar penananman pohon dan fokus pada 15 Daerah Aliran Sungai (DAS) serta prioritas, 15 danau dan 65 dam/bendungan dan daerah rawan bencana.

Dalam kesempatan tersebut pula, Kepala DLH Provinsi Sulawesi Utara Ir. Marly Gumalag telah menyerahkan sejumlah bibit pohon kepada para mitra kerja maupun LSM yang hadir untuk ditanam kembali, bahkan pihak DLH pun telah memberikan sejumlah penghargaan bagi para mitra kerja dan stakeholder yang hadir.

Turut hadir dalam upacara peringatan tersebut, instansi terkait di Kabupaten/Kota se-Sulut, LSM, perguruan tinggi, Balai Konservasi dan pejabat di lingkungam DLH Sulut. (CHRIS)