Jelang HUT Provinsi Sulut ke-55, Ini Capaian dan Prestasi OD-SK di Sektor Pariwisata

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Utara selaku instansi yang melaksanakan program strategisPemerintah di bidang kepariwisataan, sangatmendukung strategi pembangunan Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE, khususnyaterobosan Bapak Gubernur dalam membuka rutepenerbangan langsung dari beberapa kota di China keManado.

Keberhasilan terobosan yang dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Utara, dapat dilihat melaluipeningkatan jumlah kunjungan wisatawanmancanegara yang sangat signifikan sejak tahun 2016. Pembangunan infrastruktur, fasilitas objek wisatayang dibangun, peningkatan profesionalitas SDM Pariwisata, serta keramahan masyarakatnya juga berdampak pada peningkatan jumlah kunjunganwisatawan nusantara.

Perkembangan pariwisata Sulawesi Utara, mendapatkan apresiasi yang positif dari Pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pariwisata, yang dibuktikan dengan pemberian penghargaan sebagai“The Rising Destination of the Year 2019”, yang diterima langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawankhususnya mancanegara sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang berada di atas capaian nasional. Tahun 2018 tercatatpertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara mencapai6.01% dibandingan dengan capaian nasional sebesar5.17%, sedangkan prediksi untuk tahun 2019 Sulawesi Utara bisa mencapai 6,1 s/d 6,5%.

Pertumbuhan perekonomian di Sulawesi Utara akansemakin berkembang pesat dengan disetujuinyaPengusulan KEK Tanjung Pulisan – Likupang di Minahasa Utara dalam rapat Dewan Nasional KEK bersama beberapa Menteri terkait. Persetujuan initinggal menunggu penetapan secara resmi melaluiPeraturan Pemerintah. Adapun rencanapengembangannya meliputi pembangunan resort, akomodasi, desa adat, Wallace Convention Center dan Marine Park yang diharapkan dapat menciptakanlapangan kerja untuk 65.000 orang.

Baca juga:  Pjs Gubernur Sulut Sambut Sekteratis Bappenas Dengan Jamuan Makan

Tahun 2019 ini, Gubernur Sulawesi Utara berhasilmelakukan terobosan kembali guna mendorongpeningkatan jumlah kunjungan wisatawan, yaitudibukanya rute penerbangan lansung internasional di dua negara, yaitu Sabah – Malaysia dan Davao – Filipina. Selain itu, rute penerbangan langsung daribeberapa kota di China yang semakin berkembangpesat, mengundang apresiasi sekaligus minat yang besar dari maskapai internasional China Southern Airlines yang langsung menawarkan kerjasamadengan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untukmembuka rute penerbangan langsung secara regular dari Guangzhou. 

Penawaran ini tentu saja langsungditerima dan ditindaklanjuti oleh Gubernur Sulawesi Utara dan jajarannya termasuk fasilitas kemudahanperizinannya.

Terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Utara kemudian meyakinkanPresiden Joko Widodo untuk menetapkan Sulutsebagai salah satu provinsi yang menjadi super prioritas pembangunan pariwisata di Indonesia.

Dukungan Dinas Pariwisata Daerah ProvinsiSulawesi Utara terhadap program strategis Gubernuradalah melalui pembangunan 4 (empat) pilarpariwisata yaitu :

1. Pengembangan pemasaran melaluipenyelenggaraan event promosi pariwisata sepertiFestival Bunaken, Christmast Festival, Festival Ramadhan, Tomohon International Flower Festival, Festival Cap Go Meh, Familiarization Trip, sertapromosi pariwisata melalui kegiatan-kegiatanpameran di dalam maupun di luar negeri

2. Pengembangan destinasi pariwisata berupapembangunan objek-objek wisata unggulan yang menjadi kewenangan Dinas Pariwisata Sulawesi Utara yaitu Sumaru Endo, Bukit Kasih dan TasikOki, pemberdayaan masyarakat di sekitar objekwisata melalui sosialisasi sadar wisata, kegiatansapu laut serta pelatihan dan bantuan peralatankepada masyarakat miskin di sekitar objek wisatasebagai dukungan terhadap program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan)

Baca juga:  Mantiri : Konsumen Dan Pelaku Usaha Harus Tahu Hak Dan Kewajiban

3. Pengembangan kelembagaan berupa penguatanterhadap SDM dan lembaga pariwisata sebagaimitra kerja Pemerintah melalui bimbingan teknisdan sosialisasi peningkatan profesionalitas dan kompetensi, diantaranya kegiatan kursus Bahasa Mandarin secara gratis kepada Pemandu Wisatadan pelaku usaha jasa pariwisata lainnya.

4. Pengembangan industri berupa penguatan terhadapusaha jasa pariwisata melalui sosialiasasi dan bimbingan teknis dalam rangka sertifikasi dan peningkatan kompetensi   industri pariwisata.

5.  a) Dukungan Pendidikan Vokasi SMK Jurusan Pariwisata; b) Koordinasi Dengan Kementerian Terkait (Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI, Kementerian Keuangan RI, Kementerian PUPR RI, Kementerian Pariwisata RI) Usulan Politeknik Pariwisata, Dimana Pemerintah Provinsi Telah Menyiapkan LahanSebesar ± 10 Ha Di Kec. Wori Kab. Minahasa Utara.

Adapun untuk jumlah kunjungan Wisatawan baik mancanegara maupun lokal di Provinsi Sulawesi Utara yaitu :

 

TAHUN 2016 2017 2018 2019 (s/d Juni)
WISATAWAN MANCANEGARA 40.624 79.377 122.100 63.343
WISATAWAN NUSANTARA 1.484.402 1.698.523 1.958.899 727.177

 

(CHRIS / advetorial humas pemprov sulut)