KPU Tomohon Terima Berkas Perbaikan Bapaslon RoSo

Tomohon120 Dilihat

TOMOHON, topiksulut.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menerima berkas perbaikan dari Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tomohon Tahun 2020, (27/7/2020).

Penyerahan berkas perbaikan dari Pasangan Bakal Calon Perseorangan Robert PA Pelealu SH MH – Fransiscus Soekirno (RoSe) tersebut diterima dalam bentuk rapat pleno oleh Ketua KPU Tomohon Drs Harryanto Lasut MAP didampingi jajaran komisioner Robby Golioth ST, Stenly Kowaas SP, Jacobus Wowor SH, Albertien Pijoh SE, serta Sekretaris KPU Tomohon Stella Sompe SH.

Usai diserahkan para pukul 23:35 Wita, langsung dilakukan verifikasi administrasi oleh Kelompok Kerja (Pokja) KPU Tomohon per kecamatan dengan pengawasan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon Irvan Dokal SH dan Steffen Linu SS MAP. Verifikasi administrasi berlangsung selang 27 JUli-4 Agutus 2020.

Baca juga:  Sobat Pemilih Ayo Ikut Selfie Contest Usai Coblos

Sesuai jadwal, 8-10 Agustus nanti, penyampaian syarat dukungan hasil perbaikan Bapaslon kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS).

8-16 Agustus, dilaksanakan Verifikasi Faktual di tingkat kelurahan, kemudian 17-19 Agustus rekapitulasi di tingkat kecamatan dan 20-21 Agustus rekapitulasi di tingkat kota dan 22-23 Agustus rekapitulasi di tingkat provinsi.

Sementara itu Ketua KPU Tomohon Harrianto Lasut mengapresiasi kepada Bapaslon RoSe yang sudah memenuhi syarat jumlah dukungan perbaikan sesuai yang diminta.

‘’Tentunya hasilnya bisa kita ketahui setelah diverifikasi dan rekapitulasi. Yang pasti, semuanya sudah berjalan lancer,’’ tukas Lasut.

Untuk verifikasi faktual sendiri, berbeda dengan waktu lalu sebelum perbaikan, di mana para pendukung didatangani di rumahnya masing-masing. Namun untuk perbaikan ini, pendukung dikumpulkan oleh Liaison Officer (LO) di suatu tempat untuk diverifikasi dan tentunya dengan Protokol Kesehatan Covid-19.

Baca juga:  Mulai 15 Juli PPDP Turun Langsung Pemutakhiran Data Pemilih

‘’Kami tidak mau melayani jika tidak sesuai Protokol Kesehatan Covid-19. Jadi harus menggunakan masker, cuci tangan, menggunakan had sanitizer dan ketentuan lainnya,’’ tutup Lasut.

Diketahui Jumlah syarat dukungan perbaikan yang harus dimasukkan adalah 4.684. namun yang dimasukkan berjumlah 4.822 dalam 5 kontainer. (kim)