Penerimaan Calon Anggota KPPS akan di Seleksi dengan ketat

TOPIKSULUT.COM, MANADO – KPU Manado memastikan seluruh calon Anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) tak terkait dengan partai politik maupun calon kepala daerah yang akan mengikuti kontestasi Pilkada Manado.

Komisioner KPU Manado Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ismail Harun mengatakan, pihaknya melakukan seleksi yang ketat, termasuk memeriksa riwayat para calon anggota KPPS, apakah terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Penerimaan calon anggota KPPS akan dilakukan dengan ketat. Kita ingin seluruh penyelenggara berada pada posisi yang tidak memihak siapapun,” kata Harun.

Harun menyebutkan, jika nantinya ada yang terdaftar dalam Sipol, pihak KPU akan melakukan klarifikasi untuk menanyakan tentang nama mereka yang terdaftar dalam partai politik.

Baca juga:  Hari Ini Keputusan 8 PAC Dibawah Ke DPD, Mantiri Dipastikan Kembali Jabat Ketua PDIP Bitung
KPU Manado Pastikan Calon Anggota KPPS Tak Terkait Partai Politik (1)
Komisioner KPU Kota Manado, Ismail Harun

“Sekali lagi KPU ingin kita dalam posisi penyelenggara itu harus netral,” kata Harun.

Sementara, terkait jika ada tanggapan masyarakat terhadap calon KPPS, Harun menyebutkan, akan segera dilakukan klarifikasi oleh pihak PPS Kelurahan, yang merupakan pihak yang berwenang melakukan perekrutan terhadap anggota KPPS tersebut.

Sekadar diinformasikan, KPU saat ini ada dalam tahapan menunggu tanggapan masyarakat terkait dengan pengumuman kelulusan seleksi administrasi calon anggota KPPS. Tanggapan ini akan dibuka hingga Minggu (25/10). (TS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *