Safitri: Ingin Bersih, Minut Harus Ditunjang Dengan Fasilitas Memadai

TopikSulut.com,Minut – Permasalahan sampah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sejak setahun terakhir ini, ternyata belum menemui titik terang. Buktinya, sampai saat ini masih banyak dijumpai sampah rumah tangga menghiasi sejumlah jalan yang ada di daerah itu.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minut, Dr Stella Safitri mengatakan, guna menjadikan Minut yang bersih, maka harus dilengkapi dengan jumlah penyediaan armada yang mencukupi.

“Ingin bersih, Minut harus ditunjang dengan fasilitas yang memadai seperti armada pengangkut sampah,” katanya kepada wartawan, Selasa 26 Januari 2021.


Diakuinya jika saat ini DLH Minut hanya memiliki 5 armada atau mobil pengangkut sampah yang beroperasi. Namun, kondisinya pun mulai mengkhawatirkan karena sering mogok akibat kurangnya perawatan.

“Bahkan untuk perawatan saja membutuhkan biaya. Demikian juga bahan bakar saja sangat terbatas anggarannya. Namun tahun ini akan kembali baik karena sudah tertata di APBD 2021,” jelasnya.


Dirinya pun mengharapkan kedepan DLH Minut bisa menambah armada mobil sampah agar permasalahan sampah ini bisa teratasi. Bahkan diharapkan agar setiap kecamatan yang ada bisa memiliki 1 unit mobil pengangkut sampah.

“Baiknya setiap kecamatan itu bisa memiliki 1 unit mobil pengangkut sampah,” tandas Safitri.


Disisi lain, Safitri pun mengharapkan agar masyarakat bisa taat peraturan dalam hal membuang sampah sesuai waktu dan tempat yang disediakan pemerintah. Demikian juga diharapkan agar pemerintah kecamatan hingga desa/kelurahan bisa mensosialisasikan masalah persampahan ini kepada masyarakat. (GB)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *