Penetapan Batas Desa Watutumou dan Koltem Diserahkan ke Bupati JG

Topiksulut.com,Minut-Persoalan batas Desa Watutumou dan Desa Kolongan Temtempangan (Koltem) di Kecamatan Kalawat, sampai saat ini belum ada titik terang. Bahkan, ketika masalah ini masuk dalam hearing di DPRD Minut yang dipimpin oleh Ketua Komisi 1 Edwil Nelwan, Selasa 27 April 2021, tidak bisa menemui titik terang. Akhirnya, pembahasan pun akan dilanjutkan ditingkat Pemkab Minut dengan penetapan secara langsung oleh Bupati Minut Joune Ganda SE

Camat Kalawat, Alexander Warbung usai hearing mengatakan jika permasalahan tapal batas desa ini sudah pernah dibahas di kantor kecamatan pada pekan lalu. Namun karena tidak ada titik terang, maka hal tersebut dilaporkan ke Asisten 1 Bidang Pemerintahan dengan akan melibatkan Bagian Hukum Pemkab Minut. Namun belum juga dilakukan, tapi sudah dipanggil hearing oleh Komisi 1 DPRD Minut.

“Sesuai hasil hearing, masalah tapal batas ini akan dikembalikan ke Pemkab Minut. Sebab sesuai dengan Permendagri 45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa, dimana itu diserahkan ke bapak Bupati yang nantinya akan membuat keputusan,” jelas Warbung.

Ketua Komisi 1 DPRD Minut, Edwin Nelwan kepada wartawan pun membenarkan jika penetapan tapal batas kedua desa itu telah diserahkan kepada Pemkab Minut untuk memutuskannya. Penetapan ini sangat penting karena menyangkut pelayanan publik.

Kata Nelwan, rasional wilayah kedua desa itu penting mengingat Desa Watutumou memiliki luas wilayah hingga 700 hektar, sementara desa Koltem hanya 200 hektar. “Penetapan batas wilayah ini penting sehingga Komisi 1 telah merekomendasikan kepada Bupati Minut agar secepatnya melakukan penetapan,” tambahnya.(gebe)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *