Hadirkan Pembicara Tingkat Nasional, Hari Ini DPP PIKI Gelar School of Demokrasi di Bitung

TopikSulut,Bitung- Dewan Pengurus Pusat Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (DPP PIKI), akan menggelar kegiatan PIKI School of Demokrasi (PSoD) dengan menghadirkan pembicara tingkat nasional.

Wakil ketua umum DPP PIKI, Ir Maurits Mantiri, MM yang juga ketua DPD PIKI Sulawesi Utara mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari DPP PIKI, untuk menghadirkan kader bangsa yang paham tentang demokrasi. “Diharapkan dari kegiatan ini, dapat menghadirkan kader bangsa, khususnya dari PIKI yang dapat turut serta membangun membangun demokrasi demi kepentingan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan pemilu yang bersih, damai dan bermartabat,” ujar Mantiri yang juga Walikota Bitung.

Senada juga dikatakan ketua umum DPP PIKI, Dr Badikenita Putri Sitepu, SE MM dan Sekjen DPP PIKI, Dr Audy Wuisang, STh, MSi. “Melalui kegiatan ini, kader PIKI diharapkan dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan konsep dan teori kepemiluan dalam konteks diskursus,” kata Sitepu yang juga anggota DPD RI. “Kami berharap peserta kegiatan ini dapat memahami hal-hal empiris dan teknis dari pemilu disemua tingkatan,” ujar Wuisang.

Ketua DPP PIKI bidang politik dan demokrasi, Dr Ferry Daud Liando, S. Sos, MSi mengatakan, untuk peserta pada PSoD ini adalah utusan dari tiap DPD PIKI di Indonesia. “Tiap DPD PIKI mengutus 2 orang sebagai peserta. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai Jumat, 30 September hingga Minggu, 2 Oktober,” ujar Liando didampingi Wasekjen DPP PIKI Christiana Chelsea Chan, SH, LLM dan Harsen Roy Tampomuri, SIP MA.

Ditambahkan Chelsea Chan, untuk pembicara yang dipastikan hadir yakni, Anggota Bawaslu RI, Dr Herwyn J. Malonda, SH MH, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Dolly Kurnia, akademisi sekaligus mantan anggota Bawaslu RI, Frits Siregar, SH, LLM, PH.D anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang juga mantan anggota KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, ST, SH, MSi, H. Juri Ardiantoro, MSi, PH.D selaku Deputi IV Kantor Staf Presiden sekaligus rektor Universitas Nahdatul Ulama Indonesia Jakarta dan juga mantan ketua Tim Seleksi KPU dan Bawaslu RI.

Ketua Panitia Pelaksana, yang ditemui Jumat, (30/9/2022) pagi, dr Piter Lumingkewas yang juga ketua DPC PIKI Bitung mengatakan, untuk persiapan kegiatan, semuanya hampir rampung. “Kami sudah menyiapkan segala sesuatu untuk kegiatan ini dan semua sudah siap. Bahkan peserta yang dari luar Sulut seperti dari Papua, Makasar, Jakarta dan lainnya saat ini sudah ada di lokasi kegiatan. Kami akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta,” tandas Lumingkewas yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung.

Sementara itu, Sekretaris DPD PIKI Sulut, Dr Goinpeace Tumbel, S. Sos MSI, MAP mengatakan, untuk Sulut ada beberapa peserta dari DPC-DPC dan DPD. “Selaku tuan rumah, Sulut mengikutsertakan beberapa orang dari DPC-DPC dan DPD,” jelas Tumbel yang juga Wakil Dekan 3 FISH Unima didampingi wakil ketua DPD PIKI Sulut, Nico Rampen, S. Sos, STh, MSi. (hzq)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.