KT Lestari Jaya Papakelan Support Program KLH Melalui BPDASHL dalam Rangka Pemulihan Ekonomi

Minahasa149 Dilihat

MINAHASA, TopikSulut.com – Eksistensi Kelompok Tani (KT) Lestari Jaya Kelurahan Papakelan Kecamatan Tondano Timur Kabupaten Minahasa, layak mendapat ancungan jempol.

Betapa tidak, di tengah lesunya kegiatan di sektor pertanian, perkebunan dan kehutanan, tidak membuat surut semangat kelompok tani yang dikomandoi Ketua Ari Rumbay dan Sekretaris Royke Kusen.

Selang waktu dari September hingga Maret ini, 30 orang yang tergabung dalam KT Lestari Jaya menanam di areal lahan seluas 150 Ha dengan bermacam pohon buah-buahan dan kayu produktif.

Sebut saja durian, alpukat pala, kemiri, dan kayu jenis nantu serta cempaka tersebar di lahan yang sebelumnya tidak digarap dengan maksimal.

Ketua Kelompok Lestari Jaya Ari Rumbay kepada wartawan Kamis (16/03/2023) mengatakan, penanaman pohon ini tidak hanya melibatkan anggota kelompok namun masyarakat Kelurahan Papakelan.

“Aksi tanam pohon untuk menunjang (support) program pemerintah yang kami laksanakan sejak September tahun lalu, juga melibatkan masyarakat Kelurahan Papakelan dengan upah yang memuaskan,” tukas Ari didampingi Royke Kusen dan Bendahara KT Lestari Jaya Artis Rumbay.

Menurutnya, pelaksanaan program dari Kementerian Lingkungan Hidup melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dirasakan sangat membantu ekonomi masyarakat di Minahasa terlebih khusus di Kelurahan Papakelan.

Sementara Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) BPDASHL Elfan Harjono SHut yang dikonfirmasi wartawan mengatakan program ini adalah program nasional dengan anggaran pekerjaan diserahkan langsung ke masyarakat.      #