Penyerahan Sertifikat Tanah dan Peluncuran Sertifikat Elektronik di Minahasa

Berita, Minahasa303 Dilihat

TopikSulut.com

MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S Kumendong MSi, hadir di acara penyerahan 200 sertifikat tanah dan peluncuran sertifikat tanah elektronik di Benteng Moraya Tondano. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Kapolda, Kejaksaan, DPRD, dan sejumlah pejabat terkait. Senin, (04/12/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Kumendong menyatakan bahwa penyerahan sertifikat memiliki dampak positif terutama terkait kepastian kepemilikan tanah masyarakat Minahasa. Dia berharap program kemudahan terkait status kepemilikan tanah dapat terus dilaksanakan, memberikan manfaat langsung bagi warga Sulut, khususnya Minahasa.

Jaconias Walalayo SH MH, Kepala Kanwil BPN Provinsi Sulut, menjelaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari program nasional penyerahan sertifikat di seluruh Indonesia. Sebanyak 2,05 juta sertipikat diserahkan kepada rakyat Indonesia oleh Presiden RI, Joko Widodo. Ini mencerminkan kehadiran negara dalam memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, termasuk di Sulut. Selain itu, dilakukan peluncuran pendaftaran sertifikat elektronik, memungkinkan pengecekan sertifikat secara elektronik.

Jaconias juga mengapresiasi kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemilik lahan. Terdapat 50.224 bidang tanah tersebar di 14 kabupaten/kota Sulut yang berhasil tersertifikasi, menunjukkan keberhasilan kerjasama stakeholder.

Kadis Perkimtan Sulut, Alex Wattimena, yang mewakili Gubernur Sulut, berharap penyerahan sertifikat ini dapat bermanfaat bagi pengusaha kecil sebagai jaminan, mendukung perekonomian, dan mempercepat pembangunan di Sulut.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada masyarakat pemilik tanah dari Minahasa, Tomohon, dan daerah lainnya. Langkah ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Sulut secara keseluruhan.

#J.Rumimpunu