Steve Kepel Sebut Pemuda Miliki Peran Strategis Dalam Pembentukan Arah Bangsa

Sulut79 Dilihat

Sulut, topiksulut.com – Pemuda memiliki peran strategis dalam menentukan arah bangsa, termasuk di era digitalisasi saat ini. Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Steve Kepel saat mewakili sambutan Gubernur Olly Dondokambey pada pembukaan Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) tentang Penyusunan Rencana Aksi Daerah Lintas Sektoral Pelayanan Kepemudaan Provinsi Sulawesi Utara. Selasa-Kamis (27-29/2/2024).

“Semangat kepemudaan sudah ada sejak masa kolonial. Budi Utomo, organisasi pemuda yang didirikan pada tahun 1908, merupakan awal kebangkitan pemuda melawan kemiskinan, keterpurukan, dan ketidakberdayaan,” kata Kepel.

“Melalui Sumpah Pemuda, pemuda menyatakan nilai politis bangsa Indonesia, yaitu bangsa yang sama dengan bangsa lain dan menjunjung tinggi persatuan. Nilai politis kepemudaan melahirkan cita-cita luhur, seperti penghapusan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), penegakan hukum, dan amandemen Undang-Undang Dasar 1945,” lanjutnya.

Baca juga:  Lepas Ekspor Perdana Hasil Perikanan dari Manado Langsung ke Jepang, Gubernur Berhasil Cetak Sejarah Baru

Kepel menuturkan bahwa di era digitalisasi, pemuda menghadapi tantangan dan hambatan, seperti merebaknya ideologi transnasional. Namun, era digitalisasi juga membawa nilai positif melalui berbagai tools dan aplikasi di platform media sosial.

“Pemuda harus mampu memanfaatkan teknologi digital untuk bertransaksi, membuat marketplace baru, dan menghasilkan peluang ekonomi,” ujarnya.

Kepel berharap pemuda di Sulawesi Utara dapat berperan aktif dalam era digitalisasi dengan memanfaatkan media sosial sebagai media bersosialisasi dan informasi yang valid, serta tidak menyebarkan hoax.

“Mari kita manfaatkan media sosial dengan bijak untuk menciptakan arus informasi yang positif dan bertanggung jawab,” harapnya.

Sosialisasi dan FGD ini bertujuan untuk menyusun rencana aksi daerah lintas sektoral pelayanan kepemudaan di Sulawesi Utara. Dengan melibatkan pemuda dalam penyusunan rencana aksi daerah, diharapkan indeks pembangunan kepemudaan di Sulawesi Utara dapat meningkat.

Baca juga:  Wagub Kandouw dan Wabup Dondokambey Tinjau Pembersihan Eceng Gondok di Danau Tondano

(**)