Dampingi Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berlapis Perunggu, Dondokambey : Bung Karno Nasionalis Sejati

Topiksulut.com, POLITIK / PEMERINTAHAN – Hadiri acara peringatan lahirnya Bung Karno di Blitar kota Malang Provinsi Jawa Timur (Selasa 06/06/2017) siang tadi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Ketua TP-PKK Sulut Ir. Ritha Dondokambey-Tamutuan, diberikan kesempatan menghadiri langsung peresmian Patung Putera Fajar (Sebutan untuk Bung Karno/Ir.Soekarno) oleh Presiden RI ke-5 DR. Hj. Megawati Soekarnoputri yang juga merupakan anak kandung sanga Ploklamator tersebut.

Foto Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri saat menatap Patung Bung Karno yang baru diresmikannya

Adapun patung yang berdiri tegak di depan pintu masuk kota Blitar yang diketahui sebagai tanah kelahiran Bung Karno tersebut, merupakan karya tangan seorang seniman asal Yogyakarta yang dikerjakan selama delapan bulan, dengan tinggi 9 meter, berat 500 kg dan terbuat dari bahan perunggu setebal 1 cm tersebut diresmikan sebagai peringatan atas perjuangan ‘Sang Plokamator’, sekaligus telah menjadi icon terbaru kota Blitar.

Presiden ke-5 DR. Hj. Megawati Soekarnoputri dalam sambutan peresmiannya, berharap masayarakat Indonesia terutama masyarakat kota Blitar bisa lebih mengenal sosok Bung Karno dengan segala perjuangannya dalam merebut dan memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia ditahun 1945 silam.

Foto Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Ketua TP-PKK Sulut Ir. Maya Ritha Dondokambey-Tamutuan saat menghadiri Peresmian Patung Bung Karno di kota Blitar Jawa Timur

“Semoga dengan berdirinya patung Bung Karno ditempat ini, masyarakat bisa lebih mengenal sosok perjuangan Bung Karno dalam memperebutkan kemerdekaan negara ini”, ujar Megawati seperti yang dikutip Victor Rarung selaku Ketua Media Center OD-SK yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Perjuangan Bung Karno dalam memerdekakan negeri ini, tidak hanya beliau kakukan seorang diri, atau satu kelompok melainkan dirinya melibatkan setiap suku,agama yang ada pada waktu itu demi Indonesia. Darisalah seharusnya kita paham dan tahu bahwa sosok Bung Karno merupakan sosok Nasionalis sejati yang patut dijadikan contoh oleh seluruh komponen masyarakat Indonesia dimanapun berada dalam mempersatukan keberagaman Suku,Adat,Ras dan Agama di negeri ini”, tambahnya seperti yang dikutip Rarung yang kala itu turut dibenarkan oleh Sekretaris Pribadi (Sespri) Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, (Novie Mantiri).

Adapun dalam acara tersebut, Gubernur Sulawesi Utara turut yang juga merupakan bendahara umum PDI-P yang diketui oleh Megawati Soekarnoputri tersebut, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Maya Ritha Dondokambey- Tamutuan serta anggota DPRD Sulut Rocky Wowor selaku kader partai berlogo Banteng tersebut, serta para pengurus DPP PDI-P se-Indonesia. (Chris)