Dinas PUPR Sulut Pacu TPA Regional di Minut

Topiksulut.com, POLITIK/PEMERINTAHAN – Guna menindaklanjuti kerjasama Pemprov Sulut dengan pihak negara Denmark terkait Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional, yang dibangun oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw beberapa waktu lalu di negara Denmark, kini semakin dipacu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Sulut.

Menurut Plt.Kepala Dinas PUPR Sulut Steve Kepel, pembangunan TPA Regional nantinya akan di bangun di Ilo-ilo, Kabupaten Minahasa Utara tersebut, .

“Saat ini sedang dipacu untuk realisasinya, nanti Pemprov Sulut dan kota Manado, kota Bitung, Kabupaten Minut serta Minahasa akan duduk bersama untuk membicarakan subsidi biaya pengelolaan sampah di TPA Regional tersebut”, jelasnya.

Lebih lanjut, Kepel mengatakan bahwa pihaknya juga saat ini sedang menyiapkan Perda terkait pengelolaan sampah yang akan dibahas di DPRD.

Baca juga:  Hadiri Sertijab Kepala BPK Perwakilan Sulut, Wagub Kandouw Apresiasi Pendampingan BPK

“Saat ini kami sedang menyiapkan semua data dan bahan pendukungnya agar disaat pemerintah pusat menilai sudah lengkap pembangunan TPA Regional tahun depan akan cepat dilaksankan. Karena TPA regional ini bersumber dari APBN. Makanya, termasuk Perda pengelolan sampah akan dipacu terus,”jelas Keppel, Rabu (07/06) kemarin.

Ditambahkan Kepel,  pengelolaan TPA regional nantinya bisa dikembangkan menjadi pembangkit listrik dari sampah.

“Jika sudah beroperasi, nantinya TPA Regional akan mengolanya menjadi pembangkit listrik tenaga listrik, nanti konsultan akan menilai dan memperhitungkan manfaat-manfaat lain dengan hadirnya TPA regional ini,”tutup Kepel. (Chris)