Ini Penjelasan Kadishub & Kasat Lantas Mengatasi Kemacetan di Ruas Jalan Wolter Monginsidi

Manado180 Dilihat

TopikSulut.com, MANADO – Sejak dibuka Transmart Carrefour Star Square di kawasan Bahu Mall mengundang keluhan warga pengguna jalan di Kota Manado.

Akibatnya, di Soft Opening Jumat (09/06) pekan lalu, kemacetan arus lalulintas diruas jalan Wolter Monginsidi semakin menjadi.

Kemacetan panjang kendaraan sudah terjadi sejak pertigaan Jalan Sea Malalayang 1 Barat, butuh waktu 1 jam 40 menit untuk bisa tiba tepat di ruas jalan depan Star Square.

Jika di hitung, jarak dari pertigaan Jalan Sea menuju jalan Wolter Mongisidi, tepatnya di depan Star Square jika jam-jam normal hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit.

Hal ini ditanggapi oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado, M. Sofyan, AP, MSi, yang ditemui sejumlah wartawan saat sedang ikut mengatur lalulintas jalan di ruas jalan Wolter Monginsidi menyampaikan permohonan maaf kepada warga pengguna jalan.

“Kami mohon maaf ke warga pengguna jalan atas ketidaknyamanan ini. Saya dengan pak Kasat Lalulintas Polresta Manado, Kompol Ruslan Badar, sejak Jumat kemarin sampai malam ini langsung turun ke lapangan membantu petugas yang ada,” jelas Sofyan didampingi Kasat Lantas Polresta Manado Kompol Ruslan Badar.

Baca juga:  Over Kapasitas, Kadishub Sofyan Tegur Pengangkut Sampah Milik Kecamatan

Menurut Sofyan, untuk mengurai kemacetan, pihaknya bersama Sat Lantas harus melakukan rekayasa jalur.

“Untuk mengurai kemacetan, Dishub kota Manado berkoordinasi dengan Sat Lantas Polresta Manado harus menutup beberapa titik perputaran balik yang ada berdekatan dengan lokasi Transmart. Kenderaan dari arah Manado yang ingin ke Transmart, kami harus alihkan untuk berputar jauh hingga di depan jalan Krida Malalayang,” Ujar Sofyan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kasat Lantas Polresta Manado, Kompol Ruslan Badar.
“ Fenomena ini yang sering terjadi di kota Manado jika ada tempat-tempat perbelanjaan modern yang baru buka. Prinsipnya, ditengah keterbatasan personil, kami tetap berupaya agar warga pengguna jalan bisa tetap nyaman melintas di ruas jalan ini,” jelas Kompol Ruslan.

Baca juga:  Deskripsi Lambang Uskup Manado Mgr.Benedictus Estephanus Rolly Untu,MSC

Upaya yang kami lakukan hingga malam ini, agar masyarakat pengguna jalan yang melintasi jalan Wolter Monginsidi tidak terjebak macet dengan waktu yang lama, katanya.

Lanjut ditambhakan Kadishub Manado,pihaknya menghimbau warga pengguna jalan juga bisa saling mengutamakan tenggang rasa dijalanan.

“Himbauan kami, agar warga juga mengutamakan tenggang rasa saat melintasi ruas jalan ini. Kami juga sudah menghimbau pihak Transmart dan pengelolah kawasan agar bisa turut membantu petugas. Apalagi mengingat momen hari raya Idul Fitri yang tidak lama lagi,” tegasnya.

Saat ink Kami juga sudah mengantisipasi lonjakkan kenderaan yang akan memasuki kota Manado jelang min 10 H Idul Fitri, tambahnya.

“Jadi kami mohon kedewasaan pengendara saat berada di jalan. Selain adanya lonjakkan jumlah kenderaan di kota Manado yang signifikan sesuai data Samsat, fenomena belanja jelang Idul Fitri di akhir bulan ini juga sudah menjadi perhatian kami bersama pihak Kepolisian,” tutupnya.

(Steysi)