BPJS Kesehatan Jamin Permudah Pelayanan Bagi Peserta Mudik

 

TOPIK SULUT.COM, MANADO – BPJS cabang Manado bersama Dinas Kesehatan kamis 15/06/17 mengadakan Konferensi Pers yang membahas tentang Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan. Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan, menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017. Dimana BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang sederhana. “Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS), Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas,” ujar Kepala BPJS Cabang Manado dr Greisthy Borotoding, dalam siaran pers yang di paparkannya.

Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat diluar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosesurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. “Kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017,” ungkap dr Greisthy dalam paparannya.

Baca juga:  Lolos Verifikasi, Partai Hanura Bitung Target 1 Fraksi di Dekot

Ditambahkan dr Greisthy, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif. Karena itu mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui care Center BPJS Kesehatan 1500400.

Untuk memastikan kelancaran peseta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di download secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPKS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Sementara itu BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di delapan titik padat pemudik. Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada tanggal 21 s/d 24 Juni 2017 menyediakan pelayanan kesehatan, obat obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

Baca juga:  Jelang Natal 2018, Gubernur Minta TPID Jaga Inflasi Daerah

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulut dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Dinkes Sulut dr.Lydia E.Tulus mengatakan, dalam rangka Mudik H-7 dan H+7 sudah melaksanakan kegiatan kesehatan dalam rangka mudik 2017. “Kami selaku petugas kesehatan tidak ada kata libur atau cuti pada saat Libur lebaran, kami tetap melayani untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan,”ungkap Lydia.

Ditambahkan dr Lydia pihaknya belum bisa menyampaikan pos pos kesehatan mana yang akan menjadi posko pelayanan. ” hari ini tepat jam 14.00 wita akan diadakan rapat bersama Gubernur dan Instansi terkait untuk menetapkan posko juga pelayanan pemeriksaan bagi sopir sopir bus angkutan mudik,” ujar dr lydia kepada insan pers yang hadir dalam konfrensi pers yang terdiri dari media cetak dan elektronik juga online. (TS)