Peduli Bencana di Tambelang Minsel, Adriana Dondokambey Pimpin Baguna PDIP Serahkan Bantuan

Sulut220 Dilihat

Topiksulut.com,SULUT – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulut, baru baru ini meninjau langsung Desa Tambelang Kecamatan Tompaso Baru Kabupaten Minsel, yang diterjang banjir bandang pada Selasa (4/7).

Dalam kesempatan tersebut, Baguna PDIP yang dipimpin Srikandi DPRD Sulut Adriana Dondokambey juga menyerahkan bantuan sembako dan kasur bagi warga yang menjadi korban bencana, Sabtu (8/7).

Adriana yang didampingi legislator DPRD Sulut dapil Minsel Boy Tumiwa dan Ketua DPC PDIP Minsel Steven Lumowa, tampak bertegur sapa dengan warga yang menyambut baik kunjungan tersebut.

Diketahui, serangan banjir bandang tersebut berdampak pada lima desa yang ada di Kecamatan Tompaso Baru diantaranya Desa Tambelang, Liningaan Satu dan Dua, Kinaweruan serta Tumani.

Baca juga:  2.300 Kader PDI-P Sulut Dipastikan Hadiri Bulan Bung Karno di Stadion GBI Jakarta

Selain karena curah hujan yang tinggi, penyebab banjir bandang juga diduga karena ada alih fungsi lahan.

“Penyebab terjadinya banjir bandang, selain karena curah hujan yang cukup tinggi, faktor lainnya adalah alih fungsi lahan. Dimana ada puluhan hektar kawasan hutan lindung Gunung Wulurmaatus dibabat dan diubah menjadi lahan perkebunan,” ungkap Hukum Tua Desa Tambelang Jendri Mokalu.

Senada dikatakan Camat Maesaan Drs Joyke Tangkere.

“Memang dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, dibeberapa titik lokasi kawasan hutan lindung ada terjadi perombakan hutan oleh masyarakat, untuk dijadikan lahan perkebunan perluasan serta untuk pengolahan kayu. Dan hal ini telah berdampak pada terjadinya bencana, baik banjir maupun tanah longsor,” tutup Tangkere. (serly)