TURIS ASAL SHANGHAI TIBA DI MANADO

TOPIKSULUT.COM, MANADO – 205 turis asal Shanghai melalui penerbangan Lion Air ini dijemput dengan pengalungan bunga, musik bambu dengan alunan lagu mandarin dan Nyong dan Noni Manado 2017 serta sejumlah wartawan.Wajah para turis Shanghai pagi itu terlihat ceriah saat tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado dan langsung dilakukan pengalungan bunga oleh Tenaga Ahli Kementeriam Pariwisata RI Bidang Aksesibilitas Udara, Robert D Waloni, Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait dan Kepala Dinas Pariwisata Manado Hendrik Waroka Sabtu (28/07/2017) subuh.

Terobosan Pemerintah Sulawesi Utara untuk meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung ke daerah nyiur melambai mendapat apresiasi dari Kementeriam Pariwisata RI. “Potensi pariwisata di Sulut menunjukkan kenaikan sebesar 400 persen. Ini sungguh angka pertumbuhan yang menggembirkan dibanding destinasi daerah lain,” kata Tenaga Ahli Kementeriam Pariwisata RI Bidang Aksesibilitas Udara, Robert D Waloni.

Baca juga:  Menjadi Petugas KPPS Kurang di Minati Warga

 

” Promosi merupakan upaya strategis untuk menggaet wisatawan datang ke Sulut . Memang semuanya belum sempurna tetapi kita berusaha untuk terus membenahi dan mendapatkan solusi dari setiap  kendala yang ada,”kata Waloni saat menyambut 205 turis asal Shanghai pada melalui penerbangan Lion Air Jumat (28/07/2017) subuh di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

“Secara keseluruhan pariwisata kita masih mengalami kendala. Antara lain SDM, amenity yang mencakup kesiapan hotel, dinning facility tempat hiburan serta kapasitas bandara. Artinya kalau kita ingin pariwisata berkembang, bukan hanya diukur dari upaya menggenjot kunjungan semata. Melainkan harus ada pengembangan mulai dari runway, taxy way,” ujarnya.

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait sangat sangat optimis dengan perkembangan wisatawan di Sulut. Untuk itu pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi kunjungan wisman asal Shanghai. “Untuk kunjungan wisman Shanghai dilakukan secara reguler dengan lima kali flight seminggu,” katanya. Lion Air Group akan berkesinambungan mempromosikan Sulut. Selain mendatangkan turis dari Cina, selanjutnya India . Akan dibangun kemitraan dengan pengusaha tourism dinegara tersebut ,” tambahnya.

Baca juga:  Wagub Kandouw Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi

 

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado, Hendrik Waroka menegaskan peningkatan kunjungan wisman harus tetap dijaga, sehingga terjadi secara terus-menerus atau berulang. “Turis yang datang secara terus menerus, karena mereka merasa nyaman dan aman ketika berada di Sulut. Terlebih lagi dengan keindahan destinasi maupun ketersediaan infrastruktur yang terus dibenahi,” katanya sambil menambahkan bahwa  rata-rata turis China yang datang sangat kagum dengan destinasi wisata pantai. Karenanya setiap destinasi pariwisata harus terus dibenahi secara integritas. (TS)