Tak Selesaikan Masalah Perikanan di Bitung, Komisi IV Ancam tak Berikan Anggaran Untuk KKP

Uncategorized147 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Komisi IV DPR RI yang membidangi perikanan, menegaskan jika Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) masih enggan mengatasi masalah perikanan di Bitung, dengan tidak mengizinkan kapal penampung beroperasi, maka untuk tahun 2018 tidak akan dialokasikan anggaran di APBDN.

Hal ini ditegaskan ketua komisi IV, Edhy Prabowo, MM MBA Selasa (26/9) saat melakukan kunjungan dan sekaligus rapat kerja di Kota Bitung.

“Kalau KKP ngotot dengan kebijakan mereka, kami juga Komisi IV akan ngotot untuk tidak memberikan anggaran pada 2018 mendatang,” tegas Prabowo.

Lanjut dikatakannya, masalah perikanan di Bitung sudah sangat rumit, yang mengakibatkan banyaknya masyarakat jatuh miskin akibat korban PHK karena perusahaan tak beroperasi akibat kebijakan Menteri Susi.

Baca juga:  Pemprov Bakal Tambah Alat Pembersih Eceng Gondok di Tahun 2018

“Kami memberi waktu hingga minggu ke 2 Oktober, karena minggu ke 3 kita akan mulai bahas angaran 2018. Kalau tidak ada penyelesaian, maka kami akan mengambil langkah tegas, mengingat ini menyangkut rakyat kita,” kata Prabowo.

Pernyataan Prabowo ini merespon pernyataan ketua asosiasi pengolahan ikan, Basmi Said, SE MSi, yang mengatakan akibat kebijakan moratorium Menteri Susi, 7 perusahaan pengalengan di Bitung kolaps yang berakibat PHK masal.

Menanggapi pernyataan ketua Komisi IV tersebut, Dirjen Perikanan Tangkap, KKP Dr Syarif Wijaya mengatakan akan segera melakukan pertemuan dengan Pemkot Bitung, asosiasi perikanan dan Pemprov Sulut pada awal Oktober. Senada juga dikatakan Walikota Max Lomban.

“Tanggal 4 Oktober kami akan membahas penyelesaian masalah perikanan di Bitung dengan KKP, pengusaha pengolahan perikanan dan penangkap ikan. Terima kasih Komisi IV yang telah hadir dan memberi solusi bagi kami di Bitung,” kata Lomban. (hzq)