83 ASN Terbukti Terlibat Pidana Korupsi, Tindangen : Aparat Hukum Agar Ambil Langkah Tegas Untuk Segera Proses Hukum

Sulut113 Dilihat

TOPIKSULUT.COM, SULUT- Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Kantor Regional (Kanreg) XI BKN Manado bekerja sama dengan Pengadilan Negeri Kota Manado menyisir Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terbukti terlibat tindak pidana korupsi dan telah dijatuhi putusan pengadilan.

Dari hasil penyisiran tercatat 145 nama PNS yang diserahkan oleh Ketua PN Manado melalui Surat Ketua Pengadilan Negeri Manado Nomor W19-U1/85/HN.01/V/2017 tanggal 8 Mei 2017, 83 PNS masih berstatus aktif berdasarkan hasil sinkronisasi data dengan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian(SAPK)BKN, dilansir dari IndonesiaBerita.com.

Lewat pemberitaan di media sebelumnya, sikap tegas pun telah ditunjukan pihak terkait seperti BKN Regional XI Manado yang berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan Sulut dan Kejaksaan dan meminta agar oknum-oknum ASN tersebut di pecat.

Baca juga:  Wagub Kandouw Lantik 2.096 Pejabat Fungsional Guru PPPK

Senada pun dikatakan Ketua IKADIN Sulut yang juga Ketua POSBAKUM PN MANADO, Adv.E.K.Tindangen,SH.

“Sangat mendukung Kepala BKN Regional XI Manado yang sudah mengambil langkah untuk berkoordinasi dengan Badan Pemeriksaan Keuangan Sulut dan Pihak Kejaksaan untuk meminta mengambil tindakan tegas. 83 PNS Atau ASN yang terbukti terlibat tindak Pidana Korupsi dan sudah ada putusannya dari pengadilan dan juga masih aktif menjabat di pemerintah kabupaten/kota dan provinsi janganlah melanggar Undang Undang RI dan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang PNS/ASN,” ujar Tindangen, kemarin.

Imbau yang juga Ketua POSBAKUM PTUN Manado ini, untuk mentaati Undang Undang. Organisasi Advokat sangat mengharapkan bagi BPK Sulut dan Kejaksaan daerah Sulut Segera bertindak. Tegakkan supremasi hukum. Jangan hukum malah tajam kebawah tapi tumpul keatas.

Baca juga:  Hebat, Besok Sulut Bakal Terima Penghargaan Provinsi Peduli HAM dan Menkumham RI

“Masyarakat sangat menanti ketegasan dan tindakan dari Aparat Penegak Hukum Yang anti pada korupsi, dan segera menanggapi permintaan Kepala BKN Reg XI Manado untuk melakukan tindakan! Kami dari Organisasi Advokat dan Organisasi ANTI KORUPSI di Sulawesi Utara dan bersama masyarakat akan mengawal tentang puluhan para koruptor PNS/ASN untuk diberhentikan dan menjalani proses hukum yang berlaku,” tutup Tindangen. (*/ely)