Lomban : Buang Sampah Dilaut Dapat Merusak Biota

Berita Utama, Bitung196 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Wali Kota Bitung Maximiliaan J. Lomban menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah dilaut, karena itu dapat merusak biota didalamnya.

Hal itu dikatakan Lomban saat meninjau kegiatan bersih-bersih pantai yang diikuti masyarakat di kompleks prikani Bitung bersama Pemerintah Kota Bitung serta tim dari Pelabuhan Peti Kemas Samudera. Kecamatan Aertembaga,Jumat (23/01).

Lomban berharap agar kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu kegiatan rutin yang tidak hanya dilakukan menjelang penilaian Adipura setiap tahun tetapi menjadi bentuk kesadaran akan pentingnya kebersihan laut dan pantai.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan rutin karena kegiatan ini sangat penting bagi kelestarian ekosistem sekitar Pantai dan Laut Kota Bitung. Perilaku membuang sampah di laut selain mengotori pantai dan laut juga dapat menyebabkan rusaknya biota laut,” tukas Lomban

Baca juga:  Gubernur : Pramuka Adalah Pilar Pendidikan Kaum Muda Sulut

Lanjut Lomban mengimbau kepada seluruh pihak yang beraktifitas di sekitar wilayah tersebut untuk terus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan terlebih disepanjang garis pantai dan laut Kecamatan Aertembaga.

Lomban mengapresiasi segenap pihak yang sudah mengambil bagian dalam kegiatan bersih pantai tersebut sembari berpesan agar kebersihan lingkungan kiranya selalu menjadi tanggung jawab semua pihak.

Turut mendampingi, Philipus Wahyu Hidayat A.Pi, selaku Kepala Bidang tata Usaha Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung, kadis Lingkungan Hidup, Sadat Minabari, kadis Perikanan dan Kelautan, Ir J Macawalang dan Camat Aertembaga, Dra Rolien Dipan. (hzq)