Bupati Mitra Tanam Padi Perdana di Lokasi Cetak Sawah Baru

Campai Target 100 Hektare Sawah

TOMBATU, topiksulut.com—Bupati Mitra James Sumendap,SH bersama Danrem 131 Santiago Brigjend TNI  Joseph Robert Giri SIP MSi, Kasrem Kolonel Inf Endro Satoto, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama STh, sejumlah perwira TNI (Para Dandim), Angota DPRD Sammy Pongilatan, Corry Kawulusan, Pihak Polres Minsel, Kapolsek Tombatu, Kadis Pertanian Provinsi Sulut, Kadis Tarnak Mitra bersama kelompok tani melakukan penanaman perdana padi di lokasi cetak sawah baru, di desa Molompar Dua Atas, Tombatu Timur, Kamis (8/2/2018).

Bupati atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak TNI yang turut serta menunjang pendapatan ekomomi masyarakat Mitra, melalui cetak sawah baru. “Hari ini telah dilaksanakan penanaman padi perdana. Di Mitra dari target 100 ha cetak sawah baru telah terealisasi 101,5 ha dan ini telah melampaui target,” ujar Sumendap.

Baca juga:  Buka ToT Program Sekolah Sehat, Dr Devi Tanos Ingatkan Cara Hidup Sehat

James berharap, kegiatan ini bukan sekedar seremonial belaka, namun dapat dimanfaatkan demi meningkatkan pendapatan petani dan menggerakkan perekonomian masyarakat

“Tahun ini, sampai tahun depan pemerintah akan selesai mengaspal akses jalan di lokasi ini,” tukasnya.

Sementara Danrem dalam arahannya menyebutkan, Kabupaten Minahasa Tenggara sangat luar biasa dan saya berterima kasih kepada Bupati, jajaran dan masyarakat, karena program cetak sawah telah terkaksana dengan baik, aman dan lancar.

Mudah-mudahan tahun ini dapat juga terlaksana cetak sawah baru 100 ha. Saya yakin dapat terealisasi,” ungkapnya.

Joseph menyebut, potensi dan struktur tanah di Mitra sangat menunjang dalam pelaksanaan program cetak sawah baru.

“Untuk para kelompok tani/petani  yang akan mengelola agar hasilnya di jual di Bulog, jangan diijon ataupun diberikan kepada tengkulak,” pintanya.

Baca juga:  Permendikbud Jadi Acuan Dinas Pendidikan Mitra Umumkan Kelulusan Siswa Tingkat SD Dan SMP

Dia berharap, melalui program ini petani lebih sejahtera dan makmur. Apalagi dengan biaya yang begitu besar, kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Saya salut kepada Bupati yang telah mendukung penuh kegiatan ini dan mendorong masyarakat untuk lebih maju. Begitupun kepada semua pihak yang mendukung program ini, baik pihak DPRD, jajaran Pemkab dan masyarakat,” pungkasnya. (otnie)