Distarnak Mitra Siapkan 11.000 Vaksin Rabies

Foto Ilustrasi vaksin rabies

RATAHAN, topiksulut.com—Dinas Pertanian dan Peternakan (Distarnak) Kabupaten Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sedang melakukan vaksin rabies terhadap hewan peliharaan anjing dan kucing di 12 Kecamatan di daerah ini.

Kepala Dinas Pertanian Ir Elly Sangian ME melalui Kepala Bidang Peternakan Donald Lumingkewas menjelaskan, vaksin rabies bagi hewan peliharaan sangat penting sebagai upaya melakukan pencegahan rabies. Karena itu, tahun 2018 ini Dinas Pertanian telah menyediakan sebanyak 11.000 dosis vaksin rabies.

“Hingga saat ini sudah ada 1.450 hewan peliharaan anjing dan kucing di Kecamatan Silian Raya, Ratahan Timur dan Belang yang sudah divaksin rabies oleh petugas vaksinator,” ungkap Donald kepada wartawan, kemarin.

Baca juga:  Ronal Kandoli Larang Pejabat Keluar Daerah

Lanjut dijelaskan Donald, vaksin rabies akan dilakukan secara maksimal di 12 kecamatan. “Setiap 6 bulan sekali semua hewan peliharaan secara rutin divaksin. Mengapa, karena obat vaksin hanya tahan hingga jangka waktu tersebut,” ujarnya.

Dia menghimbau, kepada masyarakat khususnya pemilik ternak anjing dan kucing untuk dapat membantu petugas saat melakukan vaksin. (otnie)