Sosialisasi Hukum Di Pemkot Manado, Ini Pemaparan KPN Simarmata terkait Pencegahan Korupsi

Manado102 Dilihat

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Kegiatan sosialisasi hukum yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dengan Walikota Manado GSVL , DR Ir Godbless Sofcar Vicky Lumentut SH MSi D.E.A ini, Rabu (4/4/2018).

Dalam kesempatan itu, Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Manado Edward Simarmata SH LLM MTL menjadi salah satu nara sumber. KPN dalam pemaparannya, terkait mencegah dan mengantisipasi persoalan korupsi.

Juru Bicara Pengadilan Hakim Vincentius Banar SH MH ketika dikonfirmasi awak media, membenarkan pimpinannya telah menghadiri kegiatan.

“Benar, Ketua PN Manado telah menjadi salah satu narasumber di kegiatan sosialisasi hukum pencegahan korupsi. Dan telah menawarkan solusi perlunya dibuat dana pendampingan, sebelum dana proyek direalisasikan,” tutur Banar.

Baca juga:  Gelar Rapat & Evaluasi bersama , ini kesiapan Panitia Kejuaraan Tinju 2017

Diketahui, untuk hal yang satu ini, KPN Simarmata sangat ahli dalam hitung hitungan, dimana , beliau pada tahun ini, sebagai sekertaris dan panitia Laporan Tahunan 2017 dalam rapat Pleno MA-RI yang belum lama ini telah diselenggarakan. Dipercayakan Ketua Mahkamah Agung (KMA) , tentunya menjadi orang pilihan dalam bidangnya.

Lebih lanjut, Banar menjelaskan bahwa dana pendampingan yang dimaksud Ketua PN Manado, berhubungan dengan konsultasi pengerjaan proyek, baik itu konsultasi secara teknis maupun secara hukum.

“Besar atau kecilnya anggaran proyek, menurut Ketua PN Manado tetap harus membutuhkan dana pendampingan,” sambung Banar, jika anggaran itu harus ditata terlebih dahulu dalam rencana kegiatan anggaran di APBD.

Baca juga:  Ratusan Peserta Pawai Takbiran Keliling Manado 

Ditegaskan pula, dana pendampingan ini sangat penting, untuk mencegah proyek-proyek yang dianggarkan Pemkot Manado terjebak dalam persoalan hukum.

Adapun kegiatan sosialisasi kemarin, diketahui telah dihadiri Walikota Manado, GSV Lumentut, Wakil Walikota Manado, Sekot Manado, Kabag Hukum Pemkot Manado, para Asisten Pemkot Manado berserta para pejabat SKPD. Dan telah hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Manado, Maryono sebagai salah satu narasumber. (*/ely)